Wisata Danau Toba, Kaldera Gunung Purba yang akan membuat mu terpesona
Share
Share
Share

Wisata Danau Toba, Kaldera Gunung Purba yang akan membuat mu terpesona

12 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Siapa tak kenal Danau Toba? Ukurannya ekstra besar, bahkan tak jarang hingga terlihat menghiasi gambar peta Indonesia. Terletak Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia luasnya tak kurang dari 1.100 km2 dengan kedalaman bisa mencapai ratusan meter. 

Danau Toba tak hanya menjadi fenomena alam tetapi telah tumbuh menjadi bagian dari pariwisata Indonesia sejak dahulu, bahkan disinyalir para penjajah kolonial pun gemar refreshing di tepiannya. Jika Wonderer sedang mencari inspirasi destinasi wisata, danau Tiba bisa menjadi pilihan utama. Apa saja yang membuat Danau Toba menarik untuk dikunjungi? 

 

Danau Vulkanik terbesar di dunia

Danau Toba merupakan kaldera Gunung Toba Purba, kaldera ini terbentuk dari erupsi ribuan tahun lalu. Karena tercipta dari erupsi gunung api, maka Danau Toba masuk dalam kategori danau vulkanik. Tak tanggung-tanggung, danau ini pun meraih predikat sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. 

Terdapat 7 Kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, antara lain; Kabupaten Simalungin, Kabipaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan tentunya Kabupaten Samosir yang berada di tengahnya.

 

Kisah unik pulau diatas pulau dan danau di atas danau.

Para peneliti mempercayai bahwa Pulau Samosir yang berada di tengah Danau toba merupakan dasar kawah yang terangkat ke permukaan. Uniknya, pulau yang luasnya hampir sama dengan Singapura ini juga memiliki beberapa danau di atasnya, antara lain; Danau Sipalionggang, Danau Aeknatonang dan yang paling terkenal adalah Danau Sidihoni.

Wah kalau begitu bisa jadi; ada danau di atas Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, sedangkan Danau Toba berada di dalam Pulau Sumatera. Pusing? Tak perlu dipirkan begitu keras, nikmati saja keindahannya.

 

Menatap Danau Toba dari bukit-bukit indah

Menikmati Danau Toba umumnya dilakukan dari ketinggian, bisa dari sisi pulau samosir maupun dari daratan yang mengelilingi Danau Toba.  Beberapa titik favorit wisatawan untuk memandang luasnya hamparan air di Danau Toba antara lain; Menara Pandang Tele, Bukit Tarabunga, Puncak Simarunjung, Huta Ginjang, Menara Sibolazi di Simanindo hingga Bukit Holbung yang sedang hits. Selain yang disebutkan masih banyak lagi tempat lain yang bisa digunakan untuk meresapi megahnya Danau Toba.

 

Pantai unik berair tawar

Di tepian danau super besar seperti Danau Toba, biasanya akan tercipta pantai-pantai alami yang unik. Tak jarang, pantai di Danau Toba terlihat seperti pantai tepi laut pada umumnya lengkap dengan pasir dan ombak yang berkejaran. 

Pantai di danau Toba tentu memiliki air tawar yang tak akan membuat matamu terasa perih saat berenang di sana. Keunikan lain adalah, kamu bisa menikmati pantai dengan udara yang sejuk. Adem!

Budaya tak boleh terlupa

Kawasan Danau Toba sangat kental dengan nuansa budaya. Sistem kekerabatan yang unik dan adat istiadat yang dipegang teguh membuat budaya Batak selalu lestari. Kenali budaya batak dan sejarah yang ada di sekitar Danau Toba dengan mengunjungi desa-desa tradisional yang ada disana.

Desa tradisional suku Batak biasa disebut Huta. Disini kamu bisa menelusuri sejarah dan asal-usul masing-masing desa dari sisi budayanya. Beberapa desa yang bisa kamu kunjungi adalah; Desa Tomok, Simanindo, Tuktuk Siandong dan Huta Siallagan di Samosir. Di sekitar Danau Toba ada juga Desa Adat Hagotang di Meat Kabupaten Toba. Alternatof lain adalah Desa Lingga dan Desa Budaya Dokan di Kabupaten Karo.

Wah banyak banget ya destinasi yang ada di sekitar Danau Toba? Wonderer sudah mampir ke mana saja dan destinasi mana yang ada di bucketlist mu sekarang? (YP)