Ingat Danau Toba, Ingat Pulau Samosir
Share
Share
Share

Ingat Danau Toba, Ingat Pulau Samosir

28 January 2021 By eric theo

Share
Share
Share

Wonderer pasti sudah sering mendengar Danau Toba yang legendaris dan jadi salah satu destinasi terlaris di Sumatera Utara. Membahas Danau Toba tentu tak bisa lepas dari Pulau Samosir. Pulau Eksotis yang berada tepat di tengah Danau Toba.

Faktanya, Pulau Samosir merupakan Pulau Vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Toba pada zaman dahulu kala. Ukuran Pulau Samosir ini sering disejajarkan dengan negara Singapura karena luas daerahnya yang hampir sama. Pulau Samosir memiliki luas sekitar 63.000 ha sedangkan Singapura memiliki luas sekitar 72.000 ha. 

Beberapa ahli berpendapat jika Pulau Samosir merupakan dasar danau yang terangkat. Hal ini diperkuat dengan adanya fosil ganggang yang ditemukan di beberapa tempat di Pulau Samosir. Uniknya, di Pulau Samosir ini ditemukan beberapa danau juga lho, Wonderer. Pulau di tengah danau yang ternyata memiliki danau lagi. Tentu perjalanan Wonderer selama di Pulau Samosir akan semakin menarik.

Salah satu danau di tengah Pulau Samosir adalah Danau Sidihoni. Danau Sidihoni memang tak selegendaris Danau Toba, tapi layak masuk daftar destinasi saat berwisata di Pulau Samosir. Selain pemandangan indah yang memanjakan mata, Danau Sidihoni juga sangat bermanfaat bagi masyarakat Pulau Samosir. Danau ini dijadikan sebagai sumber perairan pokok ketika musim kemarau tiba.

Setelah puas menyisir Danau Sidihoni, perjalananmu bisa lanjutkan ke Pusuk Buhit. Dulunya Pusuk Buhit adalah gunung aktif, tapi kini telah bertransformasi menjadi spot perbukitan istimewa dengan ketinggian 1.982 mdpl. 

Selama perjalanan ke Pusuk Buhit, kamu akan disuguhkan dengan keindahan bunga matahari di kaki bukit. Pusuk Buhit ini ternyata disakralkan oleh masyarakat Batak. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, kaki gunung Pusuk Buhit ini merupakan tempat pertama kali Raja Batak turun dari kahyangan.

Nah, bukit indah lainnya yang bisa kamu temukan di Pulau Samosir adalah Bukit Holbung. Di sini, Wonderer bisa menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. 

Selama di atas Bukit Holbung, kamu bisa menyaksikan kehidupan para masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Bukit Holbung ini memiliki rerumputan hijau yang subur dengan udara sejuk yang luar biasa. Pastikan Wonderer datang di waktu yang tepat.

Wisata Pulau Samosir tak bisa dilepaskan dari wisata budaya. Pastikan Wonderer juga mampir ke desa-desa adat seperti Desa Tomok maupun Huta Siallagan untuk napak tilas sejarah Suku Batak dan mendalami kehidupan tradisional di sana.

Pulau Samosir memiliki banyak keistimewaan di dalamnya, mulai dari alam, budaya dan sejarah. Untuk berkeliling Pulau Samosir, bereksplorasi sendiri atau ikut dengan paket perjalanan wisata. Dua-duanya sama menyenangkan. Jangan lupa untuk menikmati Danau Toba dari segala sisi di Pulau Samosir. (DD)

Daftar Travel Agen terbaik ke Danau toba

Komentar

Komentar