3 Alasan Kenapa Labuan Bajo Harus Masuk di Travel-Listmu!
Share
Share
Share

3 Alasan Kenapa Labuan Bajo Harus Masuk di Travel-Listmu!

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Labuan Bajo, destinasi ini tidak kalah populer dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Sandiaga S. Uno, Menteri Kemenparekraf pada Januari 2021 mengungkapkan bahwa Labuan Bajo sebagai kawasan Destinasi Super Prioritas dan diproyeksikan sebagai destinasi pariwisata berbasis alam dan budaya.

 

Secara geografis, Labuan Bajo berlokasi persis di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika dilihat di peta, Labuan Bajo ada di ujung barat Pulau Flores.

 

Labuan Bajo menawarkan segudang aktivitas yang bisa kamu jelajahi. Setibanya kamu di kota pelabuhan nelayan ini, kamu akan disambut dengan pesisir pantai yang berombak tenang dan dataran hijau berbukit. Tapi, bukan cuma itu saja. Yuk simak 3 alasan penting kenapa kamu harus menginjakkan kakimu di Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo.

 

1. Labuan Bajo adalah gerbang menuju wisata safari melihat Komodo

 

Dari Labuan Bajo, kamu tinggal selangkah lagi menuju Pulau Komodo. Sesuai dengan namanya, di Pulau Komodo kamu akan melihat komodo, kadal raksasa yang diperkirakan telah hidup sejak zaman purbakala. Melansir dari National Geographic, komodo juga didaulat sebagai kadal paling berat yang ada di bumi! Berat seekor komodo dapat mencapai 300 pon atau sekitar 136 kilogram.

 

Pulau Komodo juga merupakan satu-satunya habitat alami komodo yang ada di dunia. Oleh karena fakta inilah, Pulau Komodo kemudian mendapatkan pengakuan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991, yang mencakup: Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau lainnya.

 

2. Labuan Bajo menyajikan pemandangan alam yang spektakuler

 

Tak jauh dari Pulau Komodo, di Pulau Padar kamu dapat menaiki bukit-bukit berumput hijau yang berubah menjadi coklat kala musim kemarau. Di bawah bukit itu menghampar laut nan biru dan berombak tenang, menjadikan Pulau Padar sebagai salah satu spot foto paling eksotik di Indonesia.

 

Selain menikmati panorama laut dari ketinggian, kamu juga bisa memanjakan kakimu dengan kelembutan pasir pantai yang masih alami di Pantai Pink. Sesuai namanya, pasir di pantai ini berwarna merah muda yang muncul dari percampuran antara pasir putih dengan serpihan karang dan biota laut.

 

Dengan keindahan dan air lautnya yang jernih, Lonely Planet, situs pemandu perjalanan bagi traveler juga menyebutkan Labuan Bajo sebagai tempat ‘world-class diving’.

 

3. Labuan Bajo sangat mudah dijangkau

 

Mungkin kamu menganggap Labuan Bajo adalah destinasi yang jauh karena lokasinya yang berada di seberang lautan. Tetapi, jangan khawatir. Di Labuan Bajo telah berdiri Bandara Internasional Komodo. Ukuran bandara ini cukup besar, cukup untuk melayani pendaratan dan lepas landas pesawat single aisle seperti Airbus A320 dan Boeing 737. Dan, tersedia juga penerbangan langsung tanpa transit dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

 

Dengan hadirnya bandara, mengunjungi Labuan Bajo tak ubahnya mengunjungi kota-kota lain yang ada di Indonesia. Cepat dan nyaman.

 

Meskipun suasana pandemi masih berlangsung, tetapi pariwisata di Labuan Bajo berangsung-angsur bangkit. Menurut Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores, pada tahun 2020 memang terjadi penurunan jumlah wisatawan ke Labuan Bajo, tetapi di tahun 2021 jumlah kunjungan berangsur-angsur meningkat dengan semakin beragamnya juga pilihan wisata yang tumbuh di sekitar Labuan Bajo.

 

Tiga alasan yang Wonderin.id sajikan di atas semoga bisa menambah semangat jelajahmu untuk mengunjungi Labuan Bajo. Kamu bisa mulai merencanakan perjalananmu dari sekarang; entahkah itu pergi bersama teman, keluarga, pasangan, atau solo-traveling. Masing-masing pilihan punya sisi serunya tersendiri, dan keseruan itu pasti akan bertambah saat kamu sungguh menginjakkan kaki di Labuan Bajo.

 

Tunggu apa lagi? Segera masukkan Labuan Bajo di agenda travelingmu!

Daftar Travel Agen terbaik ke Labuan bajo

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login