9 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Wajib diKunjungi
Share
Share
Share

9 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Wajib diKunjungi

12 September 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Nusa Tenggara Timur, mempunyai berbagai tempat wisata yang sudah dikenal oleh dunia salah satunya Taman Nasional Komodo. Namun tidak hanya itu saja, nyatanya NTT memiliki segudang wisata bahari dan juga pulau-pulau indah untuk dapat dikunjungi. Apalagi keindahan pantainya tidak hanya untuk dinikmati oleh mata saja, tetapi wisatawan juga dapat snorkeling sampai surfing.

 

Tidak heran banyak wisatawan Indonesia maupun mancanegara selalu mempunyai rencana berkunjung ke bagian Timur Indonesia salah satunya Nusa Tenggara Timur. Untuk datang ke NTT, Anda dapat menyusun daftar perencanaan wisatanya atau menggunakan agen perjalanan wisata yang lengkap dan terpercaya. Sebelum merencanakannya, ada baiknya kita mengetahui 9 destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur atau NTT yang wajib untuk dikunjungi, yaitu;

 

1. Danau Kelimutu

 

Danau Kelimutu berada di dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, dan dikenal dengan danau tiga warna yaitu merah, biru dan putih tergantung suhu, mikroba, dan gas. Dibalik keunikannya, terdapat juga kepercayaan warga setempat mengenai danau ini. Masyarakat mempercayai tiga warna merupakan tempat berkumpulnya arwah sesuai amal ibadah di dunia. Biru merupakan tempat jiwa muda mudi lalu merah tempat jiwa yang berbuat kejahatan dan putih tempat para orang tua.

 

2. Bukit Cinta

 

Bukit Cinta merupakan bukit yang menyuguhkan keindahan lautan dari atas bukit dan juga keindahan bukit hijau lainnya yang ada disekitarnya. Perpaduan warna biru laut dan hijau bukit mampu menghipnotis Anda saat datang ke tempat ini. Wisatawan yang datang ke bukit ini biasanya duduk sambil menikmati dan merileks-kan pikiran karena suasana yang tenang ditemani semilir angin perbukitan.

 

3. Pantai Oetune

 

Pantai Oetune terkenal dengan pemandangan gurun pasir ala Timur Tengah. Pasir dekat laut berwarna putih namun semakin ke daratan maka pasir berwarna coklat dan menggunung seperti padang pasir. Selain itu di tepi pantai juga tumbuh pohon Kasuari dan pohon Lontar yang berusia puluhan tahun.

 

4. Telaga Nirwana

 

Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya memiliki Telaga Nirwana yang memberikan keindahan berupa laguna berair jernih yang dikelilingi oleh bukit karang dan pepohonan hijau. Laguna ini memiliki air berwarna biru turkis yang mempesona. Di tengah telaga juga terdapat sebuah lempengan batu besar yang berbentuk hati dan dikelilingi bentangan pasir putih di dasar air yang tembus pandang.

 

5. Gua Rangko

 

Gua Rangko terletak di Desa Rangko, NTT yang memiliki kolam air asin dengan warna biru saat terkena sinar matahari. Gua Rangko dapat dikunjungi jika wisatawan sedang mengunjungi Labuan Bajo dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor dengan perjalanan darat. Setelah itu wisatawan dapat menggunakan kapal boat selama 30 menit untuk sampai di Gua Rangko.

 

6. Persawahan Lingko

 

Sama seperti sawah yang lainnya namun bedanya adalah ada keunikan sistem pembagian sawah bernama Lingko yang bermula dari titik tengah dengan sebutan lodok. Dari titik tengah itu ditarik garis panjang menuju bidang terluar yang disebut cicing. Sehingga polanya terlihat kecil di bagian dalam dan besar di bagian luar atau mirip jaring laba-laba. Persawahan Lingko akan sangat indah dilihat dari ketinggian karena polanya yang unik.

 

7. Danau Weekuri

 

Danau Weekuri ini cantik dan berair asin karena air laut yang masuk melalui celah bebatuan di sisinya. Danau Weekuri ini terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

 

8. Air Terjun Tanggedu

 

Grand Canyon di Amerika Serikat juga dimiliki oleh Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur ini, yang bernama Air Terjun Tanggedu. Disebut sebagai Grand Canyon karena dikelilingi tebing batu yang besar. NTT memiliki banyak air terjun lain juga seperti Air Terjun Oehala, Air Terjun Cunca, Air Terjun Wulang, Air Terjun Matayangu, Air Terjun Lapopu, dan sebagainya.

 

9. Pulau Alor

 

Pulau Alor merupakan pulau paling timur dari gugusan pulau NTT yang banyak dikagumi wisatawan mancanegara karena memiliki 18 titik penyelaman dan aneka terumbu karang yang indah. Pulau Alor memiliki pantai berpasir putih serta bersih dan air laut yang jernih. Tidak heran jika kekayaan lautnya sungguh indah dengan hewan laut yang beraneka ragam didalamnya.

 

Itulah 9 destinasi wisata NTT yang begitu banyak dan menyajikan keunikan tersendiri di setiap tempatnya. Pastikan Anda mempunyai rencana yang matang dan jelas untuk melakukan perjalanan ke NTT untuk berbagai tempat wisata yang ada. Anda juga dapat membuat paket perjalanan ke NTT untuk perusahaan tidak hanya sebagai tempat wisata tetapi juga membantu dalam program peduli kelestarian alamnya atau perekonomian lokal. Atau dapat juga membuat paket perjalanan yang seru bersama teman atau sanak saudara ke beberapa tempat di NTT.

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login