Gunung Pusuk Buhit Tampilkan Jelas Panorama Danau Toba
Share
Share
Share

Gunung Pusuk Buhit Tampilkan Jelas Panorama Danau Toba

30 December 2020 By Wonderin id

Share
Share
Share

Mengunjungi Danau Toba rasanya kurang lengkap jika tidak melihat pemandangan dari Gunung Pusuk Buhit. Lokasinya tepat berada di pinggir Danau Toba sehingga Anda tidak perlu menempuh perjalanan jauh demi mencapai salah satu wisata Andalan Sumatera Utara ini.

Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Sumatera Utara dan dipercayai sebagai tempat kelahiran suku Batak. Ketinggian yang dimiliki 1972 mdpl di dalamnya memuat beberapa desa berpenghuni. Pemandangan secara luas akan lebih nampak dari puncak bukit.

Warga Batak mempercayai bahwa leluhur atau Raja Batak bernama Mulajadi Nabolon diturunkan di sana dari Kahyangan. Mereka menamakan nama desa sebagai desa sianjur mula-mula dan membuat tempat tersebut menjadi sakral.

Pada beberapa waktu masyarakat batak melakukan ritual di Gunung Pusuk Buhit tersebut. Bahkan ritual tersebut konon menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melakukan hal serupa. Berkunjung ke tempat wisata satu ini seolah Anda berada di Selandia Baru.

samosirwisata.wordpress.com

Pesona Pusuk Buhit Danau Toba

Lebih tepatnya untuk mengetahui asal-usul suku Batak Anda dapat memasuki rumah persaktian. Lokasi ini dulunya dijadikan sebagai tempat beribadah di mana masyarakatnya masih mempercayai animisme dan parmalim. Titik ini merupakan awal untuk mendaki Gunung Pusuk Buhit.

Untuk mendaki puncak Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 5 jam estimasi perjalanan. Namun perjalanan tersebut tidak akan terasa karena sepanjang rute akan disuguhi dengan hijaunya alam berpadu bersama kicauan burung yang berpadu begitu indah.

Kalau malam pemandangan dari atas puncak nampak jelas kerlip lampu rumah penduduk yang menyatu seperti sinar bintang. Sementara ketika Anda datang di siang hari maka terlihat gumpalan awan seolah menyatu dengan air danau. Lanskap sempurna yang dilahirkan oleh alam.

Puncak Gunung Pusuk Buhit merupakan tempat paling strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba serta alam di sekitarnya. Berbagai hal menarik dapat dilakukan dan akan lebih menyenangkan jika Anda datang bersama teman-teman atau rombongan open trip.

Akses untuk Bisa Menuju Lokasi Wisata

Untuk mencapai lokasi Gunung Pusuk Buhit terlebih dahulu ditetapkan titik awal dari kota Medan. Anda dapat menempuh perjalanan menuju Kabupaten Karo kemudian dilanjutkan ke Sidikalang-Kabupaten Dairi kemudian Lanjutkan ke Menara tele lanjut lagi arah Pangururan.

Perjalanan juga dapat ditempuh melalui jalur laut di mana terlebih dahulu Kamu harus sampai Kota Parapat. Selanjutnya menuju Pelabuhan Tigaraja menyeberang ke Pelabuhan Tomok kemudian gunakan jalur darat dengan bus ke Pangururan. setelah itu sampailah Anda di tujuan.

Apabila tujuannya berwisata maka Anda dapat menyewa kendaraan berikut supir atau tanpa sopir. Keuntungan menyewa kendaraan tanpa sopir adalah Anda bisa lebih bebas dan hemat biaya, namun hal ini sangat direkomendasikan jika Anda datang bersama rombongan.

Pilihan untuk menyewa kendaraan dengan supir demi menuju gunung ini juga bukan pilihan buruk. Sedikit tambahan biaya yang dikeluarkan akan mengurangi pengeluaran tenaga ga yang digunakan demi mengendarai mobil untuk bisa menikmati keindahan alam.

Aturan Mendaki dan Menikmati Pemandangan

Bagi para pecinta alam mendaki Gunung Pusuk Buhit dapat dimasukkan ke dalam daftar. Namun, jika ini kali pertama Anda maka berikut tips untuk dilakukan:

1. Jaga Sikap

Masyarakat sekitar mencakramkan lokasi karena dianggap sebagai awal mula kelahiran suku Batak. Di samping itu masyarakat juga masih melakukan ritual untuk menghormati para leluhur. Sehingga sebagai pendatang sudah sewajibnya Anda menjaga sikap selama menjalani pendakian.

2. Bawa Air

Perlu diketahui bahwa sumber air yang berada di lokasi tidak banyak sehingga sebagai persiapan Sebaiknya Anda membawa bekal. Selama pendakian beberapa jam pasti menghabiskan tenaga dan tubuh membutuhkan asupan air untuk menghindarkan dari dehidrasi.

3.Cocok untuk Pemula

Dengan ketinggiannya yang hanya berkisar 1000 mdpl Gunung ini cocok untuk didaki para pemula. Selain itu pendakian santai sembari menikmati panorama alam tidak akan memberikan kelelahan sangat berarti bagi seluruh pendaki. Asal jangan lupa bawa bekal camilan serta minuman.

Berbagai tips pendakian di atas mempertimbangkan situasi serta kondisi lingkungan berpadu dengan budaya masyarakat sekitar. Paling penting adalah mempersiapkan semuanya secara matang supaya dapat lebih menikmati pemandangan di Gunung Pusuk Buhit.