Pantai Lumban Bulbul, Debur Ombak dan Pasir Putih di Tepi Danau Toba.
Share
Share
Share

Pantai Lumban Bulbul, Debur Ombak dan Pasir Putih di Tepi Danau Toba.

12 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Begitu luasnya danau Toba seolah menyerupai laut, lengkap dengan tanjung dan teluk serta pantai dan pasir putinya. Tak apa, jika Wonderer masih sedikit meragukan bentuk pantai di tepian danau. Untuk memastikan keelokannya, Wonderer harus datang sendiri dan merasakan pasir putih yang menggelitik dan ombak menyapa.

Banyak yang menyandingkan Pantai Lumban Bulbul dengan pantai Ancol yang berada di Jakarta. Sekilas serupa namun sudah pasti tak sama. Pantai Lumban Bulbul memang tak jauh dari keramaian Kabupaten Toba, namun jauh dari hiruk pikuk ibukota.

Berbeda dari pantai pada umumnya, Pantai Lumban Bulbul merupakan pantai air tawar karena airnya merupakan air danau toba. Berenang di sini tertentu akan menjadi pengalaman tersendiri. Air di pantai Lumban Bulbul biasanya tenang, namun di beberapa waktu bisa menjadi sungguh bergejolak. Meski begitu, pantai ini cenderung aman untuk menjadi tujuan bermain air asalkan kamu tetap waspada ya!

Di Pantai Lumban Bulbul juga terdapat beberapa wahana yang sayang jika tak dicoba. Tenang saja, harganya tak akan menguras kantong.  Wonderer bisa menyewa kano dan bermain di perairan Pantai ini, ada juga paket kapal wisata yang bisa dicoba bersama orang-orang terdekat.

Jika Wonderer ingin menikmati Lumban Bulbul dari tepian saja pun tak masalah. Bersantailah di beberapa pondok yang ada di tepi Danau Toba. Jangan khawatir jika tak membawa bekal makanan ataupun minuman, disekitar lumban Bulbul terdapat banyak warung makan yang akan memuaskan selera mu. Jangan lupa cicipi juga Mie Gomak!

Lumban Bulbul berada di Kecamatan Balige Kabupaten Toba, letaknya tak jauh dari jalan lintas Sumatera.  Tak aneh jika banyak pejalan yang singgah di tempat ini untuk sekadar beristirahat.  

Balige berjarak cukup jauh dari Kota Medan, waktu tempuhnya bisa 5 – 6 jam perjalanan. Jika Wonderer bertandang ke Kawasan Danau Toba melalui udara, Balige bisa dijangkau hanya dengan 30 menit perjalanan dari Bandar Udara Internasional Silangit.

Jika Wonderer memiliki tujuan utama ke Kawasan Parapat maupun Siantar, maka Lumban Bulbul bisa disinggahi sesaat setelah mendarat dan sebelum mengarah ke tempat tujuan tersebut.

Balige sendiri merupakan ibu kota Kabupaten Toba yang dahulu bernama Kabupaten Toba Samosir atau dikenal juga dengan Tobasa. Selain menjadi pemerintahan dan ekonomi, sudah sejak lama Balige menjadi salah satu centrum pariwisata yang ada di sekitar Danau Toba.

Tak hanya Lumban Bulbul, Kabupaten Toba memiliki banyak destinasi wisata lain mulai dari alam hingga budaya dan adat istiadat. Jika sekali lagi bertandang ke Kabupaten Toba, sempatkan waktu untuk mengunjungi Air Terjun Sigura-gura yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Wonderer juga bisa menyelami adat istiadat serta budaya batak di Desa Wisata Meat.

Jadi, apakah kunjungan mu kali ini hanya sekadar singgah atau ingin mengeksplorasi tempat wisata lainnya? (YP)