Negeri di Atas Awan, Wae Rebo yang Menawan
Share
Share
Share

Negeri di Atas Awan, Wae Rebo yang Menawan

20 December 2020 By wonde

Share
Share
Share

Desa Wae Rebo kawasan Labuan Bajo menjadi destinasi wisata yang sangat dinantikan karena mengunjunginya seolah Anda sedang memasuki negeri dongeng atas awan putih. Lokasi ini merupakan suatu pedesaan dengan bentang alam yang menunjukkan pesona keindahan.

Ajaibnya destinasi wisata yang belum begitu terkenal ini Justru lebih memiliki nama bagi kalangan wisatawan internasional. Kini, dengan adanya tulisan ini dapat lebih memperkenalkan tempat liburan lokal dalam negeri kepada para wisatawan lokal seluruh penjuru tanah air.

Lokasi tepatnya berada di Flores, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Dominasi kondisi alam tempat ini banyak disusun oleh pegunungan. Itu sebabnya bukan hanya visual desa yang bagus untuk spot foto, namun juga nuansa cuacanya sangat Asri serta segar untuk dihirup dalam-dalam.

Karena merupakan suatu pedesaan maka lokasi ini masih dihuni oleh para penduduk lokal. Bagi para backpacker yang menyukai hal baru pasti sangat tertarik untuk menambah relasi dengan para penduduk sekitar. Mendapatkan hati dan kepercayaan warga lokal merupakan hal baik.

Kondisi Lingkungan Setempat

Desa Wae Rebo ini terletak di Labuan Bajo, Namun apabila merunut sejarahnya konon leluhur merupakan orang Minangkabau. Seorang pengelana bernama Empo Maro telah melakukan perjalanan dari tanah Minang ke Labuan Bajo dan akhirnya menetap pada desa tersebut.

Sampai dengan saat ini Jika menuju lokasi, Anda akan melihat sekitar 7 bangunan rumah adat berbentuk unik. Dari kejauhan bangunan rumah berupa kerucut menjelang tinggi. Bagian dalamnya terdapat 5 lantai dengan masing-masing lantai memiliki banyak ruangan berukuran luas.

Masing-masing ruangan memiliki fungsi untuk berkumpul, menyimpan bahan makanan, beribadah, dan sebagainya. Mbaru Niang adalah sebutan untuk rumah adat lain daripada yang lain ini. Konon ketika mengunjungi wilayah ini Anda tidak akan merasa menyesal bertemu warga.

Para warga penduduk desa Wae Rebo memiliki watak ramah yang akan semakin menambah kenyamanan Anda berlibur. Meskipun tinggal di desa, warga memiliki perpustakaan untuk diakses bersama-sama, terutama oleh anak-anak. Anda dapat membawa buku kemudian disumbangkan.

Cara Menuju Desa di Atas Awan

Alih-alih langsung ke Labuan Bajo, sebaiknya Anda naik pesawat tujuan Denpasar Bali. Setelah itu Arahkan perjalanan ke Pantai Sanur dan melakukan perjalanan dengan kapal feri selama 4 sampai 5 jam. Sebelum menuju Labuan Bajo, Anda lebih dulu bisa menikmati Pulau Dewata.

Turun dari kapal feri lanjutkan perjalanan Anda dengan bus menuju Denge selama kurang lebih 2 sampai 3 jam lamanya. Setelah turun dari bis Anda dapat melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 4 jam jam ke tujuan. Tapi, konon untuk sampai ke desa ini ditempuh berjalan kaki.

Destinasi wisata ini belum mematok tiket bagi para pengunjung baik itu lokal maupun internasional. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan Sebaiknya Anda pergi bersama orang yang sudah tahu Medan atau menyewa jasa pemandu wisata profesional.

Jika ingin menyewa penginapan Anda dapat mempertimbangkan lokasi si dan jarak ke desa Wae Rebo. Apabila diperkirakan dapat ditempuh dengan sepeda motor sewaan hal tersebut bisa saja dilakukan untuk mengurangi banyaknya tenaga dikeluarkan serta penggunaan waktu.

Tips Travelling ke Desa Tradisional di Labuan Bajo

Keberadaan desa Wae Rebo ini merupakan sebuah lokasi lokal di mana di dalamnya masih terdapat para penduduk titik untuk itu para wisatawan harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Ransel

Pastikan Anda menggunakan ransel kokoh dan hindari penggunaan sling bag, hand bag, apalagi tas jinjing untuk menyimpan berbagai perlengkapan. Medannya cukup sulit sehingga keseimbangan berat harus benar-benar diperhatikan oleh para wisatawan.

  1. Perlengkapan Trekking

Mendatangi Desa ini seperti selayaknya Anda hendak mendaki gunung. Oleh sebab itu berbagai perlengkapan, seperti bekal air minum, camilan, alat mandi, bahkan alat foto dapat dimasukkan sebagai pelengkap liburan selama di Labuan Bajo.

Jangan lupa juga untuk bersikap senantiasa ramah dan sopan kepada penduduk setempat. Tujuannya supaya Anda dikenang baik.

 

Berbagai hal di atas harus berkesinambungan dilakukan untuk menciptakan pengalaman baik selama liburan. Desa Wae Rebo ini merupakan destinasi wisata unik yang belum tentu Dapat Anda temukan pada banyak wilayah di tanah air.

Daftar Travel Agen terbaik ke Manggarai

Komentar

Komentar