Pesona Pantai Pink Taklukkan Para Wisatawan yang Datang
Share
Share
Share

Pesona Pantai Pink Taklukkan Para Wisatawan yang Datang

Share
Share
Share

Salah satu destinasi wisata Andalan Labuan Bajo adalah pantai Pink yang berhasil menyihir wisatawan untuk datang berulang kali. Destinasi ini dinamakan demikian karena memiliki warna pasir merah muda dengan pinggir air cenderung hijau sementara di bagian tengah berwarna biru.

Penamaan tempat wisata serupa tidak hanya dapat ditemukan pada satu lokasi. Namun panorama alam dari masing-masing tempat menghadirkan nuansa berbeda. Pemicunya dapat berupa pemandangan alam serta kondisi cuaca yang mempengaruhi suasana momen liburan.

Salah satu keindahan alam ini berada di Pulau Komodo, Flores barat Nusa Tenggara Timur. Beberapa moda transportasi dapat dimanfaatkan untuk sampai ke lokasi di mana sekelilingnya diapit oleh beberapa pantai. Akan lebih mudah sampai sini melalui Pulau Dewata Bali.

Ketika sampai di Bali Anda dapat menggunakan dua moda transportasi pilihan, diantaranya kapal laut atau pesawat berkapasitas 50 orang. Begitu sampai di Labuan Bajo lanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo Kemudian Anda dapat menyewa kapal atau speed boat menuju ke Pantai Pink.

Kondisi Alam Pink Beach

Berada di Pulau Komodo, tidak heran jika Pantai Pink ini menjadi salah satu habitat komodo. Jenis kadal besar yang tinggal di sini bukan sembarangan, melainkan spesies Dragon. Spesies ini memiliki ukuran lebih besar dan akan menjadi buas apabila menganggap manusia musuh.

Untuk itu ketika mendatangi lokasi sebaiknya Anda memanfaatkan pemandu wisata dan menjaga sikap. Di samping itu pada bagian bawah laut hidup berbagai spesies ikan berikut keindahan batu koral secara alami memancarkan Pesona Bahari bawah laut alami.

Iklim wilayah Nusa Tenggara Timur cenderung kering sehingga cuacanya panas. Menemukan panorama alam dengan hamparan pasir, air, serta berbagai tanaman tentu dapat menjadi rasa Padang sabana sebagai asupan untuk memanjakan mata dan memperbaiki mood.

Warna Pantai Pink bukan fenomena alam yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Pantai ini dihuni oleh hewan berukuran mikroskopis bernama foraminifera. Hewan tersebut memiliki pigmen merah dan menyebarkan warna ke batu koral kemudian batu koral sendiri bisa hancur.

Fasilitas yang Ada di Lokasi

Meskipun Pantai Pink ini sudah dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing, namun faktanya belum terdapat warung penjajah makanan di sekitar lokasi. Sangat dianjurkan jika mengunjungi tempat ini Anda membawa perbekalan makanan maupun minuman sekiranya dibutuhkan.

Untuk menikmati keindahan biota laut Anda dapat melengkapi perbekalan dengan alat-alat diving sendiri. Jika niat tersebut datangnya dadakan Anda juga dapat membeli perlengkapan ketika sampai di Labuan Bajo. Pastikan sudah mengetahui harga pasaran alat-alat diving.

Belum terdapat banyak fasilitas di sekitar pantai karena memang lokasinya tidak begitu komersil. Keuntungannya bagi orang-orang yang menghindari keramaian tentu sangat menarik. Namun, di sisi lain wisatawan juga dituntut untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Meskipun belum disediakan khusus tempat sampah, namun menjaga keasrian alam Pantai Pink di Labuan Bajo adalah tanggung jawab wisatawan. Secara resmi belum ada retribusi tiket masuk maupun jam operasional, Anda dapat menentukan sendiri dengan membaca situasi.

Rute Menuju Destinasi Wisata

Ada dua rekomendasi rute agar wisatawan bisa Menikmati keindahan Pantai Pink, diantaranya:

1. Jalur Darat

Untuk memanfaatkan jalur darat wisatawan terlebih dahulu mesti sampai di Kota Mataram. Setelah itu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi serta sewaan dengan jarak tempuh 85 km  selama 2 jam perjalanan.

Sebagai bahan referensi Jika Anda ingin menyewa motor sediakan dana sebesar Rp70.000 hingga rp85.000 per hari. Jika datang bersama rombongan maka penyewaan mobil memberikan fasilitas dengan harga sewa sekitar Rp400.000 hingga Rp1.000.000.

2. Jalur Laut

Dari kota Mataram bisa melakukan perjalanan dengan sepeda motor atau lebih nyaman menggunakan mobil rental. Arahkan menuju pelabuhan Tanjung luar untuk bisa sampai di Labuan Bajo kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan public boat atau private boat.

Di antara kedua jalur tersebut berbagai pertimbangan dapat dilakukan untuk melihat efisiensi dalam berbagai bidang. Indonesia kurang lebih memiliki sebanyak 6 pantai berwarna pasir merah muda. Salah satu yang harus dikunjungi adalah Pantai Pink atau Pink Beach Labuan Bajo. [wonderin].


Wonderin

Daftar Travel Agen terbaik ke Pantai pink

Daftar Travel Agen terbaik ke Pantai pink

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login