Keindahan Manta Point, Surganya Para Pecinta Diving
Share
Share
Share

Keindahan Manta Point, Surganya Para Pecinta Diving

09 April 2021 By Ghufroni

Share
Share
Share

Para penyuka diving harus mengunjungi manta point setidaknya sekali seumur hidup mereka. Destinasi ini merupakan lautan lepas tempat para manta hidup. Wisatawan dapat berinteraksi dengan satwa langka khas indonesia tersebut tanpa meninggalkan sedikitpun sampah. 

Pada bagian laut wilayah ini menarik perhatian dengan ikan mantanya, sementara pada bagian darat pemandangan dilengkapi dengan spesies kadal besar. Anda dapat menyaksikan kehidupan bebas para Komodo yang hanya terdapat pada salah satu pulau di Indonesia. 

Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp20.000 dengan kegiatan Anda bisa membeli ikan manta. Kemudian tambahan sekitar Rp200.000 untuk menebus peralatan diving. Biaya tersebut belum termasuk pemandu wisata yang akan menemani Anda ke tempat-tempat bagus di Labuan Bajo. 

Para pelancong dapat mengunjungi manta point dari Bali menggunakan kapal feri dengan jarak tempuh sekitar 4 sampai 6 jam. Kisaran biaya yang dikeluarkan sekitar Rp50.000. Jika tidak bermasalah dengan perjalanan lama, Anda dapat menjajalnya untuk menambah pengalaman.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Mengunjungi manta point rasanya kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas di bawah ini:

  1. Snorkeling dan Diving

Anda dapat membawa perlengkapan diving maupun snorkeling sendiri namun Anda juga dapat membeli langsung di lokasi karena pengelola menyediakan. Beberapa wisatawan juga lebih memilih menyewa dari pengelola. 

  1. Menyaksikan Kehidupan Bawah Laut

Setelah masuk ke laut dengan perlindungan maka Anda dapat menyaksikan kehidupan ekosistem di sana. Sangat disarankan wisatawan membawa kamera air agar dapat mengabadikan momen selama di bawah laut.  sayangnya terumbu karang sudah banyak rusak karena ulah manusia.

  1. Melihat Kawanan Ubur-ubur

Makanan kawanan ikan langka di sana adalah ubur-ubur. Maka dengan mudahnya Anda dapat melihat habitat ubur-ubur di sepanjang lautan. terlebih ketika masuk ke laut kawanan ikan langka maupun ubur-ubur akan semakin banyak terlihat saling berkejaran satu sama lain.

  1. Melihat Kehidupan Ikan Langka di Sana

Sesuai dengan penamaannya, manta point adalah tempat tinggal spesies langka yang hanya ada di di laut Indonesia. Menyadari dapat berinteraksi dengan spesies langka harus membuat Anda lebih berhati-hati demi menjaga agar ekosistem mereka tidak rusak.

Tips Diving dan Snorkeling 

Kegiatan utama ketika berwisata ke air adalah berenang atau snorkling maupun diving. Aktivitas tersebut memerlukan persiapan matang Sehingga Anda tidak bisa menganggap remeh  seberapa matang persiapan, mulai dari kondisi tubuh hingga pakaian lengkap. 

Sebelum menyelam pastikan Anda sudah berkomunikasi dengan profesional apakah arus di sekitar aman atau tidak. Apabila arus air terlalu kencang maka akan membutuhkan tenaga lebih hingga efeknya membuat tubuh mudah kelelahan. Selain itu berbahaya  jika dipaksakan.

Kebanyakan orang berlibur ke manta point dengan rombongan sehingga ketika menyelam ke dalam air harus memperhatikan jarak satu sama lain. Hal ini guna memudahkan koordinasi sekaligus membuat Anda lebih aman karena tidak terpisah dari rombongan.

Terakhir, jangan terlena namun juga jangan terlalu panik ketika sudah masuk ke dalam air. Anda harus bisa menguasai diri di tengah lautan dan berenang dengan tenang untuk menikmati keindahan Bahari secara detail, namun tidak lupa waktu untuk kembali ke darat.

Fakta Seputar Habitat Ikan Pari Hantu

Manta point menjadi tempat tinggal ikan langka di tanah air. Spesies ini termasuk bagian dari ikan pari yang sama sekali tidak memiliki racun atau menimbulkan efek seram. Sebaliknya, wisatawan seluruh dunia mengincar foto bersama untuk diabadikan dengan ikan pari hantu ini. 

Ikan pari ini merupakan ukuran terbesar dengan jarak dari satu sirip ke sirip lainnya sekitar 6 hingga 8 meter. Jangan sembarangan karena bobot berat spesies ini mencapai 3 ton. Sayangnya keindahan bahari Indonesia ini nyaris terancam sehingga dikategorikan langka.

Polusi menjadi salah satu alasan ikan pari ini Kian punah, Di samping itu ada rumor beredar bahwa siripnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik. Alasan ini menambah kekhawatiran perburuan ikan manta secara liar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Populasi ikan semakin langka, diharapkan kedatangan wisatawan tidak memberi kerusakan tambahan titik sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaga keelokan manta point sekaligus ekosistem di dalamnya.