Punya 5 Jenis Ombak, Pantai Gerupuk Jadi Taman Bermain Para Penunggang Gelombang.
Share
Share
Share

Punya 5 Jenis Ombak, Pantai Gerupuk Jadi Taman Bermain Para Penunggang Gelombang.

12 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Lokasinya berada di sisi selatan pulau Lombok, Pantai Gerupuk menjadi salah satu pantai di Lombok yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Tak aneh gelombang di pantai ini terhitung cukup kuat, bahkan disinyalir memiliki 5 jenis ombak yang menjadi incaran para peselancar.

Pantai Gerupuk berada di sisi tenggara Kota Mataram. Dari ibu kota provinsi NTB, pantai ini berjarak hampir 60km dengan waktu tempuh bisa mencapai 2  jam. Gerupuk lebih dekat jika di akses dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid atau yang dulu dikenal dengan Bandara Lombok Praya. Jaraknya hampir 30km dengan waktu tempuh tak sampai 1 jam dari gerbang masuk Pulau Lombok tersebut.

Ingin lebih dekat lagi? Mulailah perjalananmu dari Kawasan Mandalika. Wonderer bisa menyapa ombak Pantai Gerupuk hanya dalam 30 menit perjalanan dari Pantai Kuta Mandalika yang menjadi pusat pariwisata di daerah ekonomi khusus tersebut.

 

Cocok untuk peselancar mula hingga madya

Ombak di Pantai Gerupuk cukup liar namun menyenangkan bagi para pecintanya. Gelombangnya terkadang tumbuh besar, mendorong untuk para surfer meliuk-liuk bersama dengan papan selancar mereka.

Menurut para pecinta selancar, ombak di pantai ini cocok untuk peselancar pemula (beginner) hingga tingkat madya (intermediate) dengan 5 jenis ombak di 5 titik yang berbeda. Semua titik selancar yang ada di pantai ini bisa dijangkau dengan menggunakan perahu kecil yang disewa dari tepian pantai.

Kiddies, Don Don, Inside Right, Outside Left dan Outside Right adalah nama-nama yang diberikan para peselancar internasional bagi titik-titik selancar yang ada di kawasan teluk sekitar Pantai Gerupuk. Masyarakat lokal memiliki panggilan lain bagi tempat-tempat tersebut.

Dari 5 titik selancar yang ada di sekitar Pantai Gerupuk, semuanya memiliki karakteristik ombak yang berbeda. Umumnya berjenis reef break dengan spesifikasi masing-masing. Kiddies misalnya, lokasinya tak jauh dari tepian pantai. Di titik ini  para peselancar harus menunggu ombak yang cukup besar untuk bisa menungganginya dari awal hingga akhir. Titik terjauh berada di Outside Left yang berada di bibir terluar teluk dan langsung terhubung dengan Samudera Hindia.

 

Main di tepian pantai juga bisa

Gerupuk tak hanya menjadi surga bagi para peselancar, tetapi juga nirwana bagi pecinta pantai. Deburan ombak yang pecah di pinggir pantai juga menarik bagi wisatawan. Wonderer bisa bermain air dan pasir di bibir pantai sambil menonton para surfer menunggangi ombak.

Di sekitar pantai juga terdapat bukit kecil yang menjadi tujuan baru bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. Dari atas bukit, kamu bisa menikmati sisi lain Pantai Gerupuk. 

Jangan lupa menyiapkan alat penangkap gambar beserta daya dan ruang penyimpanannya. Pemandangan indah sekitar Pantai Gerupuk terlalu sayang untuk dilewatkan. (YP)