Pesona Pantai Kuta Mandalika
Share
Share
Share

Pesona Pantai Kuta Mandalika

04 January 2021 By Wonderin id

Share
Share
Share

Saat liburan ke Lombok, semua orang pasti selalu terpikirkan oleh keindahan pantai Kuta di Mandalika. Karena lokasinya sendiri sangat strategis berdekatan dengan bandara. Sehingga akses menuju kesana menjadi lebih mudah. Mengingat kawasannya juga ramai, ada banyak proyek pembangunan di sekitarnya.

Lebih menariknya lagi adalah kemungkinan besar di masa mendatang tempat ini akan menjadi seperti destinasi wisata Bali. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah dari segi keindahan pantainya. Disini memiliki garis pantai memanjang sehingga bila Anda ingin mengikuti garisnya bisa memakan waktu hingga seharian penuh.

Selain itu, salah satu keunikan dari tempat ini adalah pemandangannya berbukit-bukit kecil sehingga pesonanya semakin khas dengan nuansa Lombok Tengah. Bahkan siapapun yang melihat gambarnya pasti langsung tahu bahwa itu adalah pantai Kuta di Mandalika. Karena dilihat dari mana saja, destinasi disini masih sangat natural.

Pasirnya masih putih bersih dan ada banyak ganggang laut yang hidup di lautan sehingga menambah sensasi rasa natural didalamnya. Sementara itu, untuk warna lautnya masih sangat biru. Sehingga sangat segar dipandang dan cocok sekali untuk Anda yang ingin mencari tempat refreshing saat akhir pekan.

Harga Tiket masuk dan Rute Lokasinya

Sampai saat ini belum ditentukan tarif khusus untuk harga tiket masuk bagi para wisatawan setempat. Namun bila Anda membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp10 ribu untuk mobil, sedangkan motor hanya Rp5 ribu saja.

Selanjutnya untuk lokasinya sendiri terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Kawasannya sendiri terbilang sangat luas karena garis pantainya memanjang hingga kurang lebih sejauh 7,2 km. Jadi bisa dibayangkan betapa panjangnya garis pantai disini.

Bagi para wisatawan yang berangkat dari kota Mataram, maka butuh waktu 90 menit agar sampai disini. Karena jarak tempuh dari kota Mataram ke pantai Kuta di Mandalika sejauh 72 km menuju tenggara. Sebelum sampai ke pantai, Anda akan melintasi desa Sade tempat tinggalnya suku Sasak.

Yaitu suku asli dari pulau Lombok. Sementara itu, sebelah barat pantai ini ada destinasi wisata lainnya berbentuk bukit. Bukit ini disebut juga dengan Mandalika, yaitu salah satu tempat terbaik untuk menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan pantai dari puncak ketinggian setempat.

Jernihnya air laut disana membuat pesona pantainya semakin menyejukkan. Terlebih ada pasir putihnya yang terhampar luas. Dijamin para wisatawan akan betah berlama-lama berlibur di tempat ini. Karena selain bisa menikmati keindahan pantainya, masih ada banyak terumbu karang yang menarik untuk dilihat.

Kegiatan Wisata Menarik di Pantai Kuta Mandalika

Selain memiliki keindahan alam dan panorama yang menakjubkan, ternyata pantai Kuta di Mandalika ini juga memiliki banyak hal menarik didalamnya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan saat berlibur ke tempat ini, antara lain:

1. Berenang atau mandi laut di bibir pantai adalah salah satu kegiatan wisata menarik yang dapat Anda lakukan ketika singgah ke tempat ini. Terlebih airnya sangat jernih dan pasirnya juga putih. Kondisi yang seperti ini akan sangat mendukung kegiatan Anda berenang ke dalam air.

2. Bagi pecinta olahraga air bisa melakukan banyak kegiatan disini. Karena disini juga tersedia banyak fasilitas pendukung kegiatan olahraga air. Misalnya saja seperti banana boat, jetski, dan juga windsurfer. Jadi dijamin Anda tidak akan pernah bosan berlama-lama ke tempat ini.

3. Aktivitas menarik lainnya adalah bisa melihat upacara adat setempat. Namun kegiatan ini hanya dilakukan 1 tahun sekali pada bulan Februari dan Maret. Upacaranya bernama Bau Nyale. Didalamnya akan ada kegiatan penangkapan cacing nyale oleh warga setempat untuk mengenang putri Mandalika.

4. Berselancar dan snorkeling adalah dua kegiatan seru lainnya di tempat ini. Mengingat pemandangan bawah lautnya masih alami, sehingga tempat ini cocok sekali dijadikan sebagai spot snorkeling terbaik di Lombok tengah. Anda bisa menyewa jasa sewa persewaan selancar dan snorkeling bila ingin melakukannya.

Selain beberapa hal tersebut, ada lagi satu hal yang membuat pesonanya semakin luar biasa. Yaitu keindahan sunset saat mendaki ke bukitnya secara langsung. Itulah sebabnya tidak heran bila pantai Kuta di Mandalika ini menjadi salah satu spot terpopuler bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Daftar Travel Agen terbaik ke Mandalika

Komentar

Komentar