Fakta Unik Candi Borobudur yang Perlu Diketahui
Share
Share
Share

Fakta Unik Candi Borobudur yang Perlu Diketahui

20 December 2020 By wonde

Share
Share
Share

Sebagai salah satu warisan dunia, ada banyak sekali fakta unik Candi Borobudur yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Seperti yang sudah diketahui, Borobudur adalah salah satu ikon Indonesia dan sudah terkenal hingga luar negeri. Setiap tahun ada ribuan pengunjung datang untuk menikmati kemegahan candi tersebut.

Ada beberapa hal menarik dari bangunan satu ini, terutama ciri khasnya dan teknologi bangunan. Hingga saat ini masih banyak orang bingung bagaimana orang jaman dahulu membangun bangunan megah seperti ini. Apalagi setiap komponen batu dipahat dan dibentuk secara presisi dengan perhitungan tepat.

Setiap batu memiliki ukuran sama dengan lainya serta terbuat dari batu yang sama. Ditambah lagi ada banyak patung berdiri megah tanpa ada kerusakan. Bahkan ketika sudah berumur lebih dari ribuan tahun lamanya. Namun, apakah hanya itu saja fakta unik dari bangunan megah satu ini?

Ditemukan Oleh Seorang Gubernur Jenderal

Fakta unik Candi Borobudur yang pertama adalah ditemukan oleh seorang Gubernur Jenderal. Hadirnya bangsa Eropa di Indonesia sebenarnya ikut membantu dalam menemukan banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah Candi Borobudur. Awalnya penemuannya berupa puing-puing batu dan kemudian dibangun ulang hingga terlihat seperti saat ini.

Sir Thomas Raffles adalah seorang Gubernur Jenderal dari Inggris yang mengurus wilayah Indonesia. Dalam bukunya The History of Jawa diceritakan bagaimana awal mula penemuan candi ini. Pada saat itu dia menemukan sebuah gundukan tanah yang banyak tumbuh semak belukar. Kemudian dia memerintahkan untuk menggalinya.

Tidak disangka bahwa gundukan tersebut merupakan sebuah monumen penting umat Buddha. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa Raffles memerintahkan para ahli untuk memperbaiki candi tersebut. Reliefnya juga dipelajari untuk melihat kapan bangunan tersebut dibangun dan siapa yang membangun. Dengan begitu ada ilmu pengetahuan baru muncul darinya.

Bagian Bawahnya Ditutup Oleh Tanah

Sebenarnya, Borobudur memiliki bagian yang tidak pernah orang tahu sebelumnya. Pada bagian dasar sebenarnya ada bagian lai yang saat ini sengaja ditutup oleh tanah. Hal tersebut untuk memperkuat pondasi candi supaya tidak runtuh. Apalagi bagian bawahnya dianggap cukup rapuh dan tidak bisa menahan berat candi.

Oleh sebab itu, atas kesepakatan bersama maka bagian bawahnya harus ditutup dengan syarat setiap reliefnya harus diabadikan. Perlu Anda ketahui bahwa bagian yang tertutup tersebut memperlihatkan relief dewasa. Ada banyak gambar-gambar dewasa yang dianggap porno, namun sebenarnya itu adalah cerita dari masyarakat Buddha.

Fakta unik Candi Borobudur ini memang tidak banyak orang tahu, apalagi pemandu juga jarang menceritakannya. Jika Anda tidak bertanya, maka pemandu mungkin tidak akan menjelaskannya. Hanya akan menjelaskan sejarah hingga kapan ditemukan. Tidak heran jika tidak banyak orang tahu tentang bagian dasar candi tersebut.

Beberapa Artefak Tersebar di Dunia

Artefak peninggalan sejarah adalah sebuah benda yang sangat berharga. Karena itu tidak heran jika ada banyak sekali bagian dari candi yang tidak berada pada tempatnya. Ada banyak artefak candi ini tersebar di museum-museum dunia. Misalnya saja di museum Thailand yang memiliki beberapa bagian artefak candi.

Di Belanda, ada banyak sekali artefak candi ini tersimpan di beberapa museum. Hal tersebut karena dulu ada banyak peneliti yang membawa beberapa artefak pulang ke Belanda untuk diteliti. Setelah Indonesia merdeka, artefak tersebut tidak dikembalikan karena beberapa alasan, misalnya demi menjaga supaya tetap aman.

Dibutuhkan Waktu Lama untuk Membangunnya

Setiap bangunan monumental selalu dibangun dalam kurun waktu lama, bahkan mencapai ratusan tahun. Fakta unik candi borobudur ini mungkin tidak banyak orang tahu karena lupa dengan pelajaran sejarah. Dari beberapa aksara pada beberapa dinding candi, diketahui bahwa borobudur dibangun pada abad 8 hingga 9.

Artinya, setidaknya candi ini membutuhkan waktu 75 tahun untuk selesai dibangun. Borobudur dibangun pada masa dinasti syailendra yang berkuasa di wilayah jawa tengah. Namun meski dibangun dalam waktu lama, banyak orang masih bingung bagaimana teknologi pembangunannya. Apalagi setiap artefak memiliki bentuk presisi satu sama lain.

 

Terlepas dari semua fakta uniknya, bangunan ini memang sangat megah. Memiliki sejarah panjang dan erat hubungannya dengan perkembangan di indonesia. Tempat menarik dan selalu membuat banyak orang merasa takjub akan kemegahan bangunan. Setidaknya fakta unik candi borobudur ini bisa membantu anda memahami bangunan tersebut.

Daftar Travel Agen terbaik ke Borobudur

Komentar

Komentar