Borobudur Situs Warisan Dunia
Share
Share
Share

Borobudur Situs Warisan Dunia

30 December 2020 By Wonderin id

Share
Share
Share

Sejak ditetapkannya Borobudur situs warisan Dunia, proses pemugaran di beberapa bagian terus dilakukan. Ini sebagai upaya untuk menjaga kelestarian situs agama Budha terbesar di Dunia tersebut. Sekaligus sebagai destinasi wisata sangat menarik yang wajib dikunjungi. Tidak heran jika kunjungan wisatawan baik lokal atau mancanegara setiap tahunnya selalu meningkat pesat.

Candi Borobudur terletak di kota Magelang, Jawa Tengah. Tepatnya berada kurang lebih 100 km di sebelah barat daya kota Semarang. Serta berada 86 km di sebelah barat kota Surakarta. Candi dengan kemegahan arsitektur tiada duanya ini sebagai bukti di masa silam telah memiliki pemerintahan luar biasa di bawah Wangsa Syailendra.

Candi yang memiliki relief dan stupa ini dulunya hanya berfungsi sebagai tempat pemujaan para dewa umat Budha. Hingga akhirnya kini selain sebagai tempat pemujaan juga menjadi destinasi wisata andalan Indonesia yang terkenal hingga seluruh penjuru Dunia. Bahkan UNESCO telah menetapkannya sebagai situs warisan Dunia.

Borobudur situs warisan Dunia memiliki beberapa hal menarik yang membuatnya begitu memukau. Bahkan karena keindahan bangunannya Borobudur sempat menjadi salah satu 7 keajaiban Dunia. Meski sekarang sudah tidak masuk namun, banyak wisatawan merasa kagum akan keindahan arsitekturnya yang begitu memukau. Bahkan tidak percaya jika dibangun beberapa ratus silam.

Alasan UNESCO Memasukkan Borobudur Sebagai Situs Warisan Dunia

Masuknya candi Borobudur sebagai situs warisan Dunia memang bukan tanpa alasan. Memang Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan baik dari sejarah, alam, bahkan budayanya. Dan candi Borobudur situs warisan Dunia menjadi salah satu yang paling memukau dan mampu menarik antusiasme wisatawan dari berbagai penjuru.

Ada beberapa alasan mengapa Borobudur ditetapkan sebagai situs warisan Dunia oleh UNESCO tahun 1991. Setidaknya ada beberapa kriteria yang menjadi alasan UNESCO menetapkan Borobudur sebagai situs warisan Dunia salah satunya adalah bangunan candi yang sangat unik dengan arsitektur luar biasa. Candi berbentuk piramida ini merupakan gabungan dari stupa dan gunung.

Adanya makna di setiap bangunan juga menjadi pertimbangan tersendiri UNESCO menetapkannya sebagai Borobudur situs warisan Dunia. Bayangkan saja bagaimana manusia zaman itu mampu menghasilkan bangunan arsitektur luar biasa meski menggunakan peralatan seadanya. Tentu ini adalah sebuah hal yang sulit dipercaya mengingat belum adanya teknologi di zaman itu.

Alasan selanjutnya adalah arsitektur Borobudur bisa menjadi contoh nyata kebangkitan seni di awal abad 13 dan 16. Sekaligus menunjukkan bahwa manusia pada zaman itu memiliki kecerdasan luar biasa. Selain itu, candi berbentuk bunga teratai sangat disucikan oleh umat Budha. Tidak heran jika bangunan bersejarah tersebut tetap dijadikan tempat pemujaan dewa-dewa.

Beberapa Upaya yang Dilakukan Guna Menjaga Kelestarian Bangunan

Meski sudah ditetapkan Borobudur situs warisan Dunia, namun upaya pelestarian justru semakin gencar dilakukan. Terbukti dengan banyaknya pemugaran untuk membuat bangunan tidak rusak. Selain itu, ada pula penjagaan dari berbagai aksi tangan jahil yang sekiranya membuat candi rusak. Mengingat kunjungan ke candi Borobudur terus meningkat setiap tahunnya.

Selain pemugaran, upaya lain yang dilakukan adalah dengan terus membuat aturan agar pengunjung senantiasa menjaga kebersihan dan ketertiban selama di candi Borobudur. Ketika pengunjung mampu menaati semua aturan tentu berwisata menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Sehingga kesadaran para pengunjung sangatlah diharapkan karena semua adalah tanggungjawab bersama.

Selain daripada itu, ketika bangunan candi Borobudur tetap lestari maka Anda hingga generasi mendatang akan mampu mendapat banyak pengetahuan sejarah. Ini sebagai edukasi bagi generasi mendatang akan pentingnya belajar sejarah serta meneladaninya. Meski demikian, bangsa ini tetap akan besar jikalau warganya tahu akan sejarah.

Sementara itu, cara melestarikan bentuk peninggalan bersejarah ini juga bisa dilakukan dengan menggelar berbagai acara rutin. Setidaknya mampu mengenalkan candi Borobudur ke semua orang dari berbagai penjuru Dunia. Melalui berbagai promosi. Tidak heran jika hingga kini banyak sekali event yang sengaja digelar di pelataran candi Borobudur.

Bagi Anda yang ingin berlibur bisa menjadikan candi Borobudur sebagai tujuan wisata Anda. Selain menjadi wisata edukasi juga mampu membuat liburan Anda semakin berkesan. Karen di Indonesia saja memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Apalagi Borobudur situs warisan Dunia telah diakui keindahannya oleh semua orang baik lokal atau mancanegara. [wonderin].