Snorkeling di Pulau Kokoya, Kalau Beruntung Ketemu Dugong
Share
Share
Share

Snorkeling di Pulau Kokoya, Kalau Beruntung Ketemu Dugong

14 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau-pulau kecil yang digemari para wisatawan. Pulau-pulau, terutama yang terletak di kawasan-kawasan yang belum terjamah biasanya memiliki pesisir pantai dengan pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih. Pulau Morotai adalah salah satu kabupaten yang memiliki berkah itu. 

Sebagai “pulau besar” yang dikelilingi banyak pulau-pulau yang lebih kecil, Pulau Morotai merupakan satu dari 10 destinasi wisata yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia sebagai “Bali Baru”. Dari sekian banyak pulau di gugusan pulau sekitar Morotai, salah satu yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Kokoya.

Pulau Kokoya terletak di sebelah barat daya Pulau Morotai, tepatnya di antara Pulau Morotai dan Pulau Halmahera. Secara administratif, Pulau Kokoya terletak di Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Wonderer yang ingin main ke sini bisa naik speed boat atau kapal cepat dari dermaga di Desa Daruba selama 30 menit. 

Pulau Kokoya sendiri tidak berpenghuni. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menyusun rencana perjalanan dengan baik. Persiapkan kebutuhan-kebutuhan yang sekiranya dapat kamu bawa seperti logistik maupun alat snorkeling

Di perjalanan menuju ke sana, simpan dulu rasa kagummu. Jangan dihabiskan di kapal karena perjalananmu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Sesampainya di Pulau Kokoya Wonderer akan disambut oleh pasir putih nan lembut. Rasakan halusnya pasir dengan kaki telanjang, resapi dan biarkan air laut menyentuhmu dengan malu-malu. Anggaplah sebuah perkenalan dari pulau Kokoya, karena tak kenal maka tak sayang. 

Setelah menyapa tepian pantai, Wonderer bisa mulai memberanikan diri untuk berbaring di pantai maupun bermain air di laut. Walaupun perairan sekitar Pulau Kokoya ini arus ombaknya tenang dan aman untuk berenang, namun tetap hati-hati, ya, Wonderer.

Puas berenang dan main air di tepian, silakan mencicipi menu selanjutnya yakni snorkeling. Persiapkan alat snorkel-mu dan langsung terjun. Tanyakan pada pemandu spot-spot snorkeling paling ciamik dan aman di sana, mereka yang terbiasa akan lebih tahu di mana yang terbaik. 

Nikmati keanekaragaman biota laut pada ekosistemnya perairan pulau kokoya yang masih sangat terjaga. Belum lagi terumbu karang yang warna-warni indahnya akan menghiasi liburan kamu. Jika beruntung, bukan tidak mungkin kamu akan bertemu dengan ikan duyung atau dugong di sana. Seru banget!

Nah, buat kamu yang berencana main ke Pulau Morotai, jangan lupa sertakan Pulau Kokoya dalam agenda island hopping-mu. Dijamin tidak akan menyesal deh. (HA)

Daftar Travel Agen terbaik ke Morotai

Komentar

Komentar