Tak Hanya Candi Borobudur, 5 Tempat Ini Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berkunjung ke Daerah Borobudur
Share
Share
Share

Tak Hanya Candi Borobudur, 5 Tempat Ini Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berkunjung ke Daerah Borobudur

27 September 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Candi Borobudur menjadi primadona candi yang megah di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Sejak zaman dahulu, Candi Borobudur selalu menyimpan cerita sejarah namun memiliki keunikannya tersendiri, yaitu sampai saat ini tidak ada yang tahu siapa pendiri candi tersebut. Namun yang diketahui adalah perkiraan dibangunnya Candi Borobudur sekitar tahun 800 Masehi pada masa wangsa Syailendra. Lokasi wisata ini sering kali disebut berada di daerah Yogyakarta, padahal sebenarnya berada di kota Magelang. Anda dapat menuju ke Candi Borobudur dengan akses yang mudah dan terjangkau menggunakan berbagai kendaraan. Jika jalan-jalan ke Candi Borobudur, tentu Anda tidak akan merasa bosan karena nyatanya disekitar Candi Borobudur juga banyak terdapat tempat wisata yang wajib dikunjungi. Wonderin.id akan memberikan 5 tempat wisata yang wajib disinggahi saat Anda juga berkunjung ke Daerah Borobudur, yaitu :

 

1. Punthuk Setumbu

 

Punthuk Setumbu, berada sekitar 5 km dari Candi Borobudur, tepatnya di Karangrejo. Untuk sampai ke tempat ini dari Candi Borobudur, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Namun yang harus di perhatikan adakan kesehatan tubuh yang harus dalam keadaan fit karena perjalanannya cukup seru untuk mencapai puncak bukit. Anda dapat menikmati panorama matahari terbit dan spot hijau membentang dari atas bukit. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan indah tersebut yaitu jam 5 pagi, dimana wisatawan dapat melihat kabut tipis yang indah.

 

2. Desa Wanurejo

 

Sekitar Candi Borobudur, juga terdapat wisata desa yang bernama Desa Wanurejo. Ini merupakan salah satu desa wisata yang memiliki keunggulan bagi wisatawan pecinta seni budaya. Desa ini memiliki Museum Gunoroso Pondok Tinggal, yang menyimpan berbagai jenis wayang baik dari Indonesia maupun luar negeri. Selain itu jika Anda berkunjung ke Desa Wanurejo ini, Anda tidak perlu khawatir untuk tempat tinggal karena terdapat Pondok Tinggal Hotel dan Restaurant yang cocok untuk disinggahi.

 

3. Gereja Ayam

 

Salah satu tempat ikonik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Gereja Ayam, Bukit Rhema. Tempat ini pernah dijadikan salah satu lokasi syuting film di Indonesia, sehigga gereja ini cukup menarik perhatian. Gereja ayam dikelilingi dengan pemandangan yang indah, dan juga terdapat cafe kecil untuk bersantai sejenak. Fakta unik dari gereja ayam ini adalah, dimana tempat ii bukanlah sebuah gereja yang difungsikan sebagai tepat ibadah. Menurut pendirinya, gereja ini digunakan sebagai tempat berdoa bagi semua agama. Dari Candi Borobudur, Anda cukup menempuk jarak 4 km untuk sampai disini.

 

4. Pinus Kragilan

 

Siapa yang tidak suka dengan wisata pinus yang selalu memberikan kesejukan para pengunjungnya. Magelang memiliki keindahan Pinus Kragilan, yang cocok untuk berfoto dan bersantai. Pinus Kragilan terbilang cukup baru tetapi mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Dari Candi Borobudur, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam melalui jalur darat.

 

5. Arung Jeram Sungai Elo

 

Bagi pecinta olahraga ekstrem, tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi, yaitu terletak tidak jauh dari Candi Borobudur yang bernama Arung Jeram Sungai Elo. Wisatawan dapat menyusuri sungai yang membentang di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Sungai ini mempunyai batu batu besar di tengah dan juga arus yang cukup deras sehingga saat melakukan arung jeram akan terasa sensasinya.

 

Itulah 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi saat Anda berkunjung ke Candi Borobudur. Jika Anda ingin menikmati banyaknya tempat wisata di Jawa Tengah, ada baiknya menggunakan paket tour travel yang sudah menyediakan berbagai paket wisata yang Anda inginkan. Tentu saja harga yang ditawarkan akan lebih murah dan Anda tidak perlu merasa kerepotan saat melakukan wisata di Jawa Tengah.

Daftar Travel Agen terbaik ke Borobudur

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login