Sunrise Magis di Punthuk Setumbu
Share
Share
Share

Sunrise Magis di Punthuk Setumbu

04 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Jangan ngaku sebagai penikmat matahari terbit jika wonderer belum pernah menyambangi tempat ini. Keanggunan matahari terbit berpadu dengan siluet Candi Borobudur yang megah menjadi pemandangan sehari-hari di Punthuk Setumbu kala hari cerah.

Punthuk Setumbu memiliki daya magis kala mentari mulai timbul di ufuk timur. Punthuk Setumbu merupakan sebuah perbukitan yang berada di Magelang, jaraknya hanay selempar pandangan mata dari Candi Borobudur. Lebih tepatnya, Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sejalan dengan destinasi ikonik ‘Gereja Ayam’.

Di Punthuk Setumbu, Wonderer bisa menyaksikan secara langsung matahari terbit dengan cahayanya yang menyisir Candi Borobudur. Tak hanya itu, kamu bisa dengan jelas memandang Candi Borobudur nan megah beserta kabut pagi yang menyelimutinya. Pesona magis lainnya adalah kamu bisa sekaligus menyaksikan Gunung Merapi serta Merbabu dalam panorama sunrise dari Punthuk Setumbu.

Mungkin wonderer bertanya-tanya, arti dibalik nama unik tempat ini. Dalam Bahasa Jawa, Punthuk memiliki arti sebagai gundukan atau perbukitan, sedangkan Setumbu diambil dari kata Tumbu yang berarti tempat nasi yang terbuat dari anyaman. Jadi, bisa dibilang, Punthuk Setumbu mempunyai arti perbukitan yang berbentuk seperti tempat nasi. Unik ya!

Meski masuk dalam kawasan Kabupaten Magelang, umumnya para pengejar matahari yang bertandang di sini tak hanya berdiam di sekitara Borobudur. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung, menyempatkan diri berangkat dari Kota Yogyakarta. Destinasi wisata ini hanya berjarak 44 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar dua jam saja. Wonderer bisa menuju Punthuk Setumbu menggunakan kendaraan pribadi atau bergabung dengan tour operator yang menawarkan paket-paket wisata ke Borobudur. Tentu, tidak sulit menemukan ditemukan agen perjalanan wisata di Kota Yogyakarta.

Kapan waktu yang tepat untuk melihat Sunrise nan magis di Punthuk Setumbu? Wonderer wajib bangun lebih pagi untuk mendapatkan udara sejuk dan sunrise yang sempurna ini. Sebaiknya, kamu sudah berada di Punthuk Setumbu sekitar pukul 3 atau 4 pagi. Jika Wonderer melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta tentu harus mempersiapkan diri sejak dini hari.

Nah, sesampainya di lokasi, Wonderer akan diajak sedikit berolahraga dengan menaiki anak tangga untuk sampai ke atas bukit. Lama pendakian anak tangga ini memakan waktu sekitar 15 – 30 menit. Jangan khawatir, perjalanan menuju Punthuk Setumbu akan dibayar tuntas dengan udara sejuk serta sunrise yang sempurna. 

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Punthuk Setumbu berkisar pada bulan Juli -  Agustus. Pada bulan ini biasanya tak ada awan mendung yang menghalangi Sunrise nan magis ini. Jadi, persiapkan rencana perjalananmu dan jangan lupa penuhi daya baterai kamera untuk menangkap pemandangan ciamik yang ada di sana.  (Dimas Dito)

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login