5 Tips Pengelolaan Bisnis Wisata Berbasis Digital
Share
Share
Share

5 Tips Pengelolaan Bisnis Wisata Berbasis Digital

05 August 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Pesona pariwisata Indonesia menjadi yang paling menarik dan memiliki ciri khas tersendiri karena kaya akan ribuan tempat terbaik yang sudah mulai populer di mancanegara. Tidak dipungkiri jika industri pariwisata Indonesia merupakan sektor yang sangat membantu pembangunan negara, apalagi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir sebelum pandemi Covid-19 menyerang. Hal ini didukung dengan data World Travel & Tourism Council (WTTC) pada tahun 2018, pariwisata Indonesia menjadi yang tercepat pertumbuhannya dengan peringkat ke 9 di dunia, nomor tiga di Asia dan nomor satu di Asia Tenggara. Selain itu The Telegraph mencatat Indonesia sebagai “The Top 20 Fastest Growing Travel Destinations”. Indeks daya saing pariwisata Indonesia pun mengalami perkembangan, dimana Indonesia naik dari 50 ke 42 pada tahun 2017 (World Economy Forum)

indeks daya saing pariwisata

 

Namun, saat ini keadaan mulai berubah ketika Covid-19 menyerang dan tentu mempengaruhi laju pertumbuhan pariwisata Indonesia. Pengembangan dari berbagai bisnis yang berhubungan dengan pariwisata seperti usaha perhotelan, jasa penerbangan, angkutan darat laut, dan sebagainya mengalami sedikit ketersendatan. Namun saat  wabah Covid-19 usai, pariwisata akan menjadi yang pertama mengalami kebangkitan. 

 

Dapat pula dikatakan, saat inipun pariwisata Indonesia sedang pelan-pelan berkembang untuk berinovasi ke ranah digital. Apalagi sebelumnya diperkirakan semakin banyak hotel bertaraf internasional berdiri di Indonesia untuk eksistensi bisnisnya dalam memenuhi kebutuhan pariwisata kedepannya. Bila saat ini bisnis wisata sedang dikembangkan menuju ranah digital, maka akan ada semakin kemudahan bagi wisatawan untuk mendapatkan informasi dan pilihan dalam berwisata. Digitalisasi tidak terbatas oleh waktu maupun tempat, karena kapanpun dimanapun semua orang dapat mengakses satu informasi yang sama dan memesannya secara online. Gaya hidup yang berubah sangat cepat dengan keadaan yang terjadi saat ini akan memaksa bisnis wisata untuk bergerak cepat pula masuk ke ranah digital untuk membentuk citra yang baik bagi bisnisnya. Pada acara A Workshop for Digital For Destinations yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf mengatakan bahwa sekitar 70 persen media digital memiliki peran besar untuk penyebaran informasi destinasi wisata dan akomodasinya. Dari 100 persen, jumlah transaksi 30 persen sudah menggunakan digital dan sisanya masih banyak secara manual. Jadi dapat dibayangkan jika semua sudah menggunakan digital sebagai alat promosi maka pariwisata Indonesia akan sangat terbantu ketika masa saat ini dan akan sangat berkembang pesat ketika keadaan sudah kembali normal.

 

Apakah semua peluang dalam bisnis wisata dapat didigitalisasikan? Jawabannya ya tentu saja! Banyak peluang dari bisnis wisata yang dapat dikembangkan antara lain penginapan, rental kendaraan, pemandu wisata, restoran atau tempat makan, jasa fotografi, wisata kota, sarana oleh-oleh, dan sebagainya. Semua peluang bisnis wisata itu dapat dikelola melalui ranah digital dengan berbagai strategi seperti :

 

Pembuatan kampanye untuk pemasaran

 

bisnis wisata, digitalisasi pariwisata, destinasi wisata, wonderin.id

 

Kampanye dapat dibuat dengan melihat kondisi pasar saat itu. Biasanya kampanye akan mengarah pada brand identity sebuah bisnis. Jika kampanye yang dibuat berhasil, maka akan mengarahkan wisatawan untuk memakai jasa wisata yang ditawarkan. Contohnya ketika masa liburan, Anda dapat membuat kampanye wisata untuk liburan yang berbeda dan tidak boleh dilewatkan dengan tema dan penawaran tertentu sehingga calon wisatawan akan tertarik dengan bisnis wisata Anda. Apalagi kampanye digital sangat bisa menjangkau pasar yang luas karena tidak dibatasi oleh apapun.

 

Mengelola komunitas digital untuk mengembangkan bisnis

 

bisnis wisata, digitalisasi pariwisata, destinasi wisata, wonderin.id

 

Komunitas digital dapat menjadi database bisnis wisata untuk dapat terus menjalin hubungan dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh mereka. Komunitas digital dapat dibentuk dari calon wisatawan maupun yang sudah pernah merasakan layanan bisnis Anda. Semakin besar komunitas yang dikelola, maka kredibilitas bisnis wisata Anda akan semakin menjanjikan bagi wisatawan.

 

Aktif di platform digital

 

bisnis wisata, digitalisasi pariwisata, destinasi wisata, wonderin.id

 

Platform digital bentuknya bermacam-macam, seperti media sosial, platform pariwisata untuk pemesanan dan sebagainya. Semua platform tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin untuk memperkenalkan bisnis wisata Anda kepada khalayak. Bahkan berada di platform pariwisata yang tepat akan membantu branding bisnis semakin baik. Wonderin merupakan salah satu platform yang juga ikut membantu para pelaku bisnis wisata untuk semakin mudah bertemu dengan para pelanggannya. Anda dapat memulainya dengan bergabung bersama platform digital pariwisata terpercaya, seperti Wonderin.

 

Buat promo paket wisata dan konten yang unik

 

bisnis wisata, digitalisasi pariwisata, destinasi wisata, wonderin.id

 

Promo paket wisata menjadi yang paling ditunggu oleh beberapa orang karena mereka ingin menikmati liburan yang lengkap, santai dan mudah. Paket wisata harus ada dalam bisnis wisata untuk mempermudah calon wisatawan menemukan keinginannya pada destinasi tertentu. Tetapi tentu saja mereka akan mencari paket lengkap dengan promo yang menarik. Iklan juga menjadi salah satu cara untuk mempromosikan paket wisata Anda.

 

Melengkapi layanan lengkap untuk wisata 

 

bisnis wisata, digitalisasi pariwisata, destinasi wisata, wonderin.id

 

Pelayanan yang lengkap, baik dan cepat menjadi poin plus bagi bisnis wisata. Jika dalam suatu bisnis wisata sudah terdapat berbagai layanan seperti pemesanan tiket, akomodasi, tiket tempat wisata dan sebagainya, maka calon wisatawan akan datang kepada Anda. Dengan kata lain mereka akan dipermudah karena menemukan semuanya hanya dalam satu tempat. Dan platform digital tentu akan menyediakan semua kebutuhan wisata yang diperlukan.

 

Rangkuman akhir dari pembahasan bisnis wisata ini adalah, semua akan semakin dimudahkan ketika kita mengikuti trend zaman dari target pasar. Kebutuhan saat ini yaitu dimana mereka akan mendapatkan segalanya dengan mudah, cepat dan aman, dimana lagi jika bukan di platform digital. Maka bisnis wisata di ranah digital tentu akan memudahkan dan terus berkembang di masa saat ini sampai masa mendatang.

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login