5 Alasan Kenapa Bisnis Travel Anda Harus Go Digital
Share
Share
Share

5 Alasan Kenapa Bisnis Travel Anda Harus Go Digital

05 August 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Pariwisata menjadi pintu bagi setiap negara bahkan daerah untuk memperkenalkan kekayaan alamnya dan juga sumber daya manusianya kepada seluruh dunia. Tidak heran jika di beberapa daerah, pariwisata menjadi sumber utama pendapatan bagi warga lokal. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia keadaan ini harus berubah.

 

Berdasarkan data BPS 2021, terdapat penurunan jumlah wisatawan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Hal ini dilihat dari total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2020 lalu hanya mencapai 4,02 juta kunjungan, yang artinya menurun sebesar 75,03 persen dari tahun sebelumnya (2019) yaitu sebesar 3.01 juta.

 

 

Tidak hanya wisatawan mancanegara, namun wisatawan lokal juga mengalami penurunan sebesar 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya (berdasarkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf). Tentu saja penurunan dari segi kunjungan ini mempengaruhi kondisi perekonomian negara karena berkaitan dengan pendapatan, devisa dan lapangan pekerjaan.

 

Tetapi, sektor pariwisata selamanya akan mengalami penurunan terus menerus selama pandemi Covid-19 ini. Ada beberapa cara untuk sektor pariwisata dapat terus berjalan dan bertahan di berbagai kondisi yang ada. Digitalisasi merupakan salah satu jawaban dari permasalahan pariwisata saat ini, terlebih bagi bisnis travel.

 

Secara umum, platform digital akan membantu mempertemukan buyer dan seller untuk semua travel agent, akomodasi dan jasa lainnya yang mendukung untuk dikumpulkan dan melakukan kegiatan transaksi. Ada beberapa alasan yang cukup kuat untuk Anda memulai bisnis travel di platform digital, yaitu :

 

Memudahkan untuk mengerti perilaku wisatawan di era digital

 

bisnis travel, pemasaran pariwisata, digitalisasi pariwisata

 

Perilaku wisatawan saat ini sudah mengalami perubahan, yaitu search and share 70% melalui perangkat digital (berdasarkan artikel dari aptika.kominfo.go.id). Wisatawan melakukan proses perencanaan, dalam perjalanan dan post trip atau kegiatan sesudah perjalanan hanya dalam satu gadget saja.  Proses perencanaan tentu saja meliputi pencarian travel agent yang mampu mengkoordinasikan transportasi, tiket, penginapan dan bahkan tujuan wisata. Saat proses dalam perjalanan mereka akan mudah untuk berkomunikasi atau memantau perjalanan wisatanya dan diproses terakhir yaitu post trip atau setelah perjalanan, akan ada review perjalanan dari wisatawan yang tentu berguna bagi bisnis travel untuk mengembangkan bisnisnya. Review pengalaman positif dari wisatawan merupakan media promosi yang efektif untuk mengembangkan bisnis travel anda di kemudian hari. 

 

Meningkatkan kepercayaan terhadap bisnis travel anda.

 

bisnis travel, pemasaran pariwisata, digitalisasi pariwisata

 

Bisnis travel harus memiliki tingkat kepercayaan wisatawan yang tinggi saat bertransaksi sehingga platform digital akan menambah kredibilitas travel. Jika bisnis travel terdapat dalam suatu platform digital maka segala transaksi akan berada pada pengawasan sistem online. Apalagi saat ini transaksi online lebih dianjurkan dalam segala jenis bisnis. Wisatawan akan senang dengan adanya transparansi harga, dan kredibilitas informasi.

 

Platform digital akan membantu memperluas peluang pasar bisnis travel anda

 

platform digital, digitalisasi pariwisata, wonderin

 

Dengan platform digital, pasar bisnis travel Anda tidak lagi terbatas secara geografis di kota atau daerah dimana bisnis Anda berada. Customer dapat menemukan bisnis travel Anda dimanapun mereka berada dan dapat mengakses setiap waktu. Pangsa pasar pun akan semakin luas dan mungkin saja akan lebih menyasar usia produktif atau golongan milenial. Mereka adalah golongan yang hadir disaat digitalisasi hadir dan sudah menjadi gaya hidup. Sehingga jika bisnis travel Anda belum go digital, maka peluang pasar pun akan sulit untuk dikembangkan.

 

Membantu memberikan informasi terkini terhadap wisatawan

 

bisnis travel, pemasaran pariwisata, digitalisasi pariwisata

 

Bisnis travel yang sudah go digital tidak hanya memberikan informasi penjualan jasa, tetapi juga akan membantu wisatawan untuk memberikan informasi seputar destinasi perjalanannya. Informasi yang lengkap mengenai suatu tempat wisata akan mempermudah wisatawan untuk yakin memesan dan mengunjungi tempat tersebut. Bahkan, wisatawan akan dimudahkan dengan adanya paket lengkap perjalanan yang disediakan. Bisnis travel pun akan mendapatkan informasi mengenai data diri wisatawan dengan mudah dan aman.

 

Semakin mudah meningkatkan penjualan dengan promosi di platform digital

 

bisnis travel, pemasaran pariwisata, digitalisasi pariwisata

 

Dengan menggunakan platform digital, selain memudahkan untuk mempertemukan wisatawan dan travel agent sebagai penyedia jasa, bisnis travel Anda juga dapat memberikan program promo yang secara cepat mencapai pasar yang Anda tuju. Platform digital memungkinkan memberikan data akurat tentang performa promo Anda sehingga dapat menjadi acuan untuk membuat program promo yang lebih akurat dan efektif.

 

Ada cara mudah untuk tetap bertahan bahkan berinovasi, yaitu melalui go digital bagi bisnis travel. Saat ini mudah sekali untuk bisnis travel berada di dalam platform digital salah satunya yaitu wonderin.id, sebuah platform digital untuk pariwisata di Indonesia yang dimana pelaku bisnis travel atau produk pariwisata dapat berhubungan dengan mudah dan percaya diri untuk mempromosikan produknya. Jadi, sekarang hanya ada kata mudah bagi Anda mengembangkan bisnis travel untuk go digital bersama wonderin.id.

 

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login