5 Jenis Inovasi Digital untuk Pelaku Bisnis Pariwisata
Share
Share
Share

5 Jenis Inovasi Digital untuk Pelaku Bisnis Pariwisata

20 August 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Kaum milenial dan generasi Z adalah kelompok yang paling banyak menduduki demografi penduduk Indonesia pada 2020, yaitu sebanyak 53% atau sekitar 90 juta orang (1). Maka tidak heran jika perkembangan dunia digital semakin pesat karena adanya gaya hidup yang didukung oleh penggunanya. Berbagai sektor masuk ke dalam ranah digital, yang salah satunya adalah bidang pariwisata Indonesia. Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, tren industri pariwisata saat ini mengalami perubahan dalam perilakunya, yaitu lebih mengedepankan higienitas, low touch experience dan less crowd destination preference (dapat dilakukan secara online untuk mengetahui informasi wisata dan refrensi wisata yang fokus sesuai pencarian). Sehingga hal ini lah yang membuat sektor pariwisata mengalami inovasi secara digital seperti pemesanan via online, pembayaran nontunai, hingga virtual reality. Bahkan saat ini, terdapat platform yang menghubungkan industri pariwisata secara nasional dan menciptakan konektivitas business to business dan business to customer.

 

Jadi, dapat dikatakan jika digitalisasi pariwisata sangatlah memudahkan pelaku bisnis untuk menemukan dan memperluas koneksinya. Mudahnya bisnis wisata secara digital ini didukung juga dengan fakta dilapangan, seperti mudahnya promosi pariwisata secara online melalui media sosial dan media lainnya, penjualan paket wisata yang dilakukan oleh penyedia jasa perjalanan juga dapat ditampilkan dan tersebar kepada khalayak secara cepat. Selain itu internet memudahkan operasional penyedia jasa perjalanan dalam hal biaya operasional yang semakin murah. Bisnis wisata seperti paket travel, travel agent, hotel, dan sebagainya juga dapat berinovasi dengan produknya dan menjalin kerjasama secara mudah tanpa harus datang langsung.

 

Apalagi saat pandemi seperti sekarang, strategi bisnis wisata seharusnya adalah mengoptimalkan platform digital baik dengan media sosiall maupun platform berjualan lainnya. Kegiatan online menjadi yang utama dalam keadaan new normal saat ini. Mau tidak mau, pelaku bisnis wisata sudah harus siap dengan pelayanan online yang cepat, informatif, dan juga efektif bagi customer. Maka dari itu inovasi digital bagi pelaku bisnis pariwisata haruslah mulai diterapkan seperti misalnya,

 

1. Optimalisasi platform digital seperti media sosial dan blog

 

inovasi digalisasi pariwisata, digital pariwisata, destinasi pariwisata, digitalisasi pariwisata, wonderin.id, platform digitalisasi pariwisata

 

Media sosial dan blog menjadi sebuah wadah cerita tentang destinasi wisata dalam bentuk tulisan dan foto. Bahkan platform media sosial dapat menjadi tempat untuk para customer meninggalkan testimoninya dan pengalamannya saat berwisata. Tentu hal ini akan membantu bisnis pariwisata dalam memasarkan dan meningkatkan brand bisnisnya.

 

2. Bergabung dalam platform jaringan untuk mendapatkan mitra yang lebih luas

 

inovasi digalisasi pariwisata, digital pariwisata, destinasi pariwisata, digitalisasi pariwisata, wonderin.id, platform digitalisasi pariwisata

 

Platform digital yang menyediakan ribuan mitra bisnis untuk mengembangkan produk wisata lebih luas lagi adalah keunggulan dari Wonderin.id. Para pelaku bisnis pariwisata akan bertemu dengan banyak mitra yang melengkapi penjualan produk dan juga saling menopang bisnis satu dengan yang lainnya. Inovasi pada platform ini, tentu akan membuka banyak peluang pelaku bisnis untuk memperluas jaringan bisnis se Indonesia bahkan mancanegara.

 

3. Transaksi secara online

 

inovasi digalisasi pariwisata, digital pariwisata, destinasi pariwisata, digitalisasi pariwisata, wonderin.id, platform digitalisasi pariwisata

 

Penggunaan tiket digital berbentuk barcode yang terintegrasi dengan tempat rekreasi dan smartphone merupakan salah satu bentuk inovasi dalam melakukan transaksi secara online. Bisnis wisata yang menggunakan pembayaran dan sistem booking secara online akan banyak didatangi oleh customer karena kemudahannya dalam bertransaksi dan kecepatan dalam melayani.

 

4. Pengelolaan inventaris dan manajemen yang dilakukan secara online

 

inovasi digalisasi pariwisata, digital pariwisata, destinasi pariwisata, digitalisasi pariwisata, wonderin.id, platform digitalisasi pariwisata

 

Jika dalam dunia bisnis, pengelolaan inventaris dan manajemen diperlukan suatu tempat yang praktis dan mudah untuk dijangkau. Pencatatan secara manual akan besar resiko kesalahannya dibandingkan pencatatan secara online, karena lebih terperinci dan tersistem. Inovasi ini juga tentu akan mempermudah pelaku bisnis dalam mencapai tujuannya.

 

Dari keempat inovasi digital diatas yang dijelasan, Wonderin.id merupakan platform yang memberikan fitur-fitur canggih bagi pelaku bisnis untuk memperluas jaringan dan bertemu mitra yang tepat. Kami berinovasi memberikan yang terbaik bagi kebutuhan bisnis wisata untuk semakin cepat go digital dan bertahan dalam kondisi apapun. Bergabunglah bersama kami di Wonderin.id dan temukan ribuan mitra yang tepat untuk bisnis wisata Anda sekarang!

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login