Desa Kuta Lombok Tengah, Ada Pantai Seger dan Rumah Terbalik
Share
Share
Share

Desa Kuta Lombok Tengah, Ada Pantai Seger dan Rumah Terbalik

Share
Share
Share

Monumen Putri Mandalika di Pantai Seger (Foto: Tomi Tresnady / Wonderin)


Kalau Wonderer ketik nama Desa Kuta, Lombok Tengah, di situs pencari, akan banyak rekomendasi bagi para pelancong untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

Memang ada apa saja sih, sehingga Desa Kuta jadi destinasi wajib bagi pencari suasana alam yang indah terutama bagi penyuka pantai?
Desa Kuta berada di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Untuk mencapai Desa Kuta, dari Bandara Internasional Lombok cuma butuh waktu 24 menit untuk jarak 16,4 kilometer melalui Jalan Raya Kuta-Lombok.

Bukit Merese, Desa Kuta, Lombok Tengah, NTT (Dewi Poedjawati / Unsplash)

 

Melihat situs pemesanan hotel secara daring, sudah ada ratusan hotel yang berdiri di kawasan Desa Kuta. Jadi, Wonderer kalau berkunjung ke Desa Kuta tak usah khawatir soal penginapan di sana.

Kamu bisa pilih hotel dari mulai kelas menengah hingga harga bersahabat sehingga ramah bagi kantong kamu.

Pantai Kuta di Lombok Tengah memang tak seterkenal Pantai Kuta di Bali. Namun, Pantai Kuta Mandalika punya pasir putih yang bisa menemani liburan kamu semakin seru.

Pantai Seger

Pantai Seger (Foto: Tomi Tresnady / Wonderin)

Bagi Wonderer senang berburu suasana pantai atau laut, gak bakal menyesal ketika berkunjung ke Pantai Seger di Lombok Tengah.

Daya tarik pantai yang berada di kawasan Desa Kuta ini panorama alamnya indah banget. Sesuai dengan namanya, bikin seger di mata.

Menikmati alam di Pantai Seger bagian utara, kamu bisa melihat monumen Putri Mandalika yang sedang dikejar oleh para pangeran yang memperebutkannya.

Singkat cerita, dalam dongeng masyarakat Suku Sasak, Putri Mandalika berubah jadi cacing laut atau bahasa lokalnya Bau Nyale.

Pantai Seger juga jadi tempat digelarnya Festival Bau Nyale. Kalau kamu tertarik melebur di acara ini, datang sekitar bulan Februari hingga Maret.

Kamu bisa berbaur dengan turis maupun warga lokal saat menangkap cacing laut beramai-ramai dan melihat air laut yang jernih dan ombaknya tenang sehingga aman bagi kamu untuk berenang atau snorkling.

Pantai Seger (Foto: Tomi Tresnady)

Selain itu, di kawasan Pantai Seger juga bisa menikmati pemandangan bukit dan persawahan milik penduduk Suku Sasak. Kamu bisa berjalan sampai di titik tengah Pantai Seger untuk menikmati ombak yang besar.

Pantai Seger sudah dikenal baik oleh turis mancanegara. Masyarakat Eropa senang main ke sini sebagai destinasi wisata favorit untuk main papan selancar atau surfing.
Biasanya, turis ber-surfing ria pada bulan Agustus karena saat itu ombaknya bisa mencapai empat meter. Wow, sangat menantang!

Berjalan ke wilayah selatan Pantai Seger 2, Wonderer bisa menikmati pemandangan batu berbentuk jamur. Warga lokal menyebutnya Batu Tengkong (batu jamur)

Bagi kamu yang membawa anak-anak, bisa menghabiskan waktu di sini bermain-main dengan pasir pantai dan berenang karena ombaknya tenang seperti di bagian utara Pantai Seger.

Tak cuma pantai, Wonderer bakal terpesona saat menginjakkan kaki di Bukit Seger di kawasan Desa Kuta. Spot Bukit Seger jadi salah satu yang terbaik untuk melihat pemandangan pantai atau laut di kawasan Lombok Tengah.

Yang tak boleh dilakukan selama kamu berada di Pantai Seger, jangan berenang di bagian tengah garis Pantai Seger karena ombaknya tinggi. Cuma bagi peselancar yang bisa menaklukan ombaknya.

Jangan lupa ya, Wonderer bawa sun glases dan topi karena sinar matahari di kawasan ini sangat terik. Oh ya, bawa juga sun block juga biar kulit kamu tak terbakar.

Rumah Terbalik

Nah, bagi Wonderer yang suka banget foto-foto selfie dengan latar tak umum, wajib deh berkunjung ke Rumah Terbalik yang hadir di Desa Kuta. Rumah Terbalik berada sekitar 500 meter sebelum kamu mencapai Pantai Kuta.

Rumah Terbalik buka mulai pukul 9.30 - 18.30 WITA. Saat kamu berada dalam Rumah Terbalik, terlihat susunan perabotan kursi, meja sampai lemari telah melanggar hukum gravitasi.

Melihat hasil foto, kita malah seperti melayang di langit-langit sebuah bangunan, bak superhero Spider-Man.
Selain itu, banyak properti yang tersedia agar kita tak mati gaya selama foto-foto dalam Rumah Terbalik. Kamu bisa manfaatkan seragam

SPBU ketika berada di tema SPBU, pakai stetoskop medis ketika berada di tema rumah sakit.

Ada pula tema kamar tidur, penjara, perkantoran, ruang tamu, salon, dapur dan toilet. Bagi kamu yang tertarik merasakan sensasi dalam Rumah Terbaik, cukup membayar Rp60 ribu.

Kalau kamu sudah merasakan sejuknya alam di Desa Kuta, rasanya enggan untuk pulang.

Untuk tahu lokasi Desa Kuta, Wonderer bisa lihat map di sini.


Wonderin

Daftar Travel Agen terbaik ke

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login