Menjelajah Bumi Minahasa Utara, Air Terjun Tunan yang Menawan
Share
Share
Share

Menjelajah Bumi Minahasa Utara, Air Terjun Tunan yang Menawan

15 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Alam Minahasa Utara menyimpan banyak kejutan, potensi wisatanya tersebar di segala penjuru wilayahnya. Di sisi utara Kabupaten ini, ada Kawasan Likupang dengan pilihan pantai yang memanjakan mata. Mengarah ke timur, Wonderer bisa menyapa hewan Tarsius yang berada Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus. Sedangkan tepat di tengah-tengah wilayah Minahasa utara, terdapat  Air Terjun Tunan yang menawan.

Berlokasi di Desa Telawaan, Kecamatan Telawaan, Kabupaten Minahasa Utara, Air Terjun Tunan memiliki lokasi yang cukup strategis. Selain letaknya tak jauh dari Bandar Udara Sam Ratulangi dan jalan utama menuju air terjun ini pun sama dengan poros jalan rute Manado-Likupang. Wonderer yang akan menuju Likupang bisa menambahkan air terjun ini dalam daftar perjalananmu. 

Akses jalan yang cukup baik dan sudah ada fasilitas pendukung

Kondisi jalan menuju Air Terjun Tunan bisa dibilang cukup baik, meski tak terlalu besar namun hampir tak ada halangan yang berarti. Mendekati air terjun, Wonderer bisa memarkir kendaraan tak jauh dari gerbang masuk. Dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki

Jangan lupa untuk membeli tiket dan membayar biaya parkir. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena tarifnya relatif sangat murah. Melewati gerbang, akan ada jalan setapak yang sudah ditata oleh pemerintah dan pengelola. Sudah cukup rapi namun sebaiknya tetap hati-hati karena di beberapa bagian akan terasa licin oleh lumut dan dedaunan yang gugur.

Terdapat beberapa fasilitas yang ada di sekitar air terjun, seperti; pendopo, kantin dan kamar kecil. Sayang, beberapa diantaranya memiliki kondisi yang tak begitu baik.

Bisa berenang

Jarak dari gerbang ke air terjun sekitar 300-400 meter atau kira-kira 10 menit perjalanan menyusuri hijaunya pepohonan di kawasan ini. Jika Wonderer tak terbiasa berjalan sedikit jauh, maka akan terasa sedikit lelah. Tak perlu, terburu-buru nikmati saja perjalanan ini karena pemandangan indah dan kesegaran Air Terjun Tunan sudah menantimu.

Benar saja, terjunan air setinggi 80 meter telah menunggu untuk disapa, bahkan kamu juga bisa bermain air bahkan berenang di sekitar air terjun lho! Terdapat kolam yang tak begitu besar tepat di bawah air terjun, di sini Wonderer bisa merasakan langsung segar dan dinginnya Air Terjun Tunan.

Kolam Air terjun Tunan disinyalir memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter saja, relatif aman. Terdapat beberapa bebatuan besar di sekitar, sangat menantang untuk dijadikan pijakan melompat. Terlebih jika sore hari akan terlihat anak-anak setempat bemain air dan melompat dari tepian. Meski terlihat seru sebaiknya Wonderer tidak ikut melompat dari atas batu ya. Karena di beberapa titik, kolam cukup dangkal dan melompat dari ketinggian justru bisa berbahaya.

Sebaiknya datang saat debit air cukup besar

Pesona air terjun Tunan sebenarnya bisa dinikmati kapan saja, namun pemandangan terindah berada saat debit air cukup besar namun tidak terlalu melimpah. Air terjun akan terlihat cantik, cukup kontras dengan  pemandangan sekitar. Jangan lupa berfoto dengan latar belakang ini ya!

Jika musim kemarau debit air akan berkurang dan kolam di bawahnya pun akan surut. Sedangkan di tengah musim hujan, air akan turun dengan melimpah dan membuat kondisi kolam tak begitu aman.  Musim peralihan bisa menjadi pilihan untuk menikmati keseruan air terjun ini dengan maksimal.

Jadi, kapan waktu yang kamu pilih untuk mengunjungi air terjun ini? (YP)

Daftar Travel Agen terbaik ke Minahasa utara

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login