Cunca Wulang, Gemericik Air Terjun dari Balik Tebing Batu
Share
Share
Share

Cunca Wulang, Gemericik Air Terjun dari Balik Tebing Batu

Share
Share
Share

Wonderer pasti sudah akrab dengan pesona pantai dan laut di Labuan Bajo. Nah, jika kamu sudah puas untuk berwisata ke Pantai, salah satu tempat yang harus jadi destinasi selanjutnya adalah Cunca Wulang. Berada dibalik bukit batu yang menjulang, air terjun Cunca Wulang akan menghipnotis siapa saja yang datang.

Dalam Bahasa setempat, ‘cunca’ memiliki arti air terjun. Terletak di Desa Wulang, kecamatan Mbeling, Kabupaten Manggarai Barat, Cunca Wulang menjadi satu dari sekian banyak air terjun di Kabupaten ini. Diperlukan waktu lebih dari 1 jam perjalanan darat dari Bandar Udara Internasional Komodo atau hampir 2 jam dari pusat keramaian di Labuan Bajo.

Untuk perjalanan menuju air terjun yang berada di ketinggian 200 mdpl ini bisa dibilang tak mudah. Jiwa petualangmu akan diuji. Kendaraan hanya bisa menjangkau pusat Kampung Wersawe yang menjadi bagian Desa Wulang

Wonderer harus berjalan kaki selama 1 jam dengan jarak berkisar antara 3-4 kilometer. Selama perjalanan, kamu akan diajak menerabas padang ilalang hingga menapaki kontur jalan yang menanjak dan menurun yang menambah seru petualanganmu.

Usaha ekstra menuju Cunca Wulang akan segera terbayar sesaat setelah Wonderer tiba, Sekejap matamu akan terpaku akan keindahannya. Air terjun yang cukup indah dan dikelilingi oleh tebing sempit ini seakan memanggilmu untuk segera turun lalu menceburkan diri.

Komposisi antara tebing batu, aliran sungai dan air terjun tentu sebiha pemandangan yang tak bisa disaksikan setiap hari. Sekilas tebing-tebing batu yang berada di area Cunca Wulang akan mengingatkan pada destinasi Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat.

Ada beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan sesampainya di Air terjun ini. Wonderer bisa berenang di kolam tempat jatuhnya air atau melompat dari tebing yang mengelilingi aliran air terjun. Tentunya kamu harus berhati-hati ya kala bermain lompat air dari tebing. 

Biasanya ada pemandu wisata lokal yang akan menunjukkan spot yang bisa digunakan sebagai arena melompat. Bagi kamu yang belum bisa berenang atau belum percaya diri untuk berenang di alam bebas disarankan untuk membawa pelampung pribadi.

Perbekalan dan air minum juga sebaiknya disediakan sebelum menuju Cunca Wulang. Tak ada warung yang bisa kamu temukan di sini. 

Masih ingin bertualang? Pemandu wisata biasanya akan mengajak kamu masuk ke dalam gua yang letaknya tak jauh dari air terjun. Jadi, pastikan senter juga menjadi peralatan yang wajib dibawa saat berkunjung ke sini. (DD)


Wonderin

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login