Pulau Pramuka: Titik Keindahan Bawah Air yang Tak Jauh Dari Jakarta
Share
Share
Share

Pulau Pramuka: Titik Keindahan Bawah Air yang Tak Jauh Dari Jakarta

15 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Sekilas tak ada yang spesial dari Pulau Pramuka jika dibandingkan pulau-pulau wisata lain di Kepulauan Seribu. Pasir putih dan lautan yang jernih seakan telah menjadi trademark tepian pantai yang ada di Kawasan Kepulauan Seribu. 

Siapkan diri untuk turun beberapa meter ke bawah permukaan laut perairan pulau pramuka.  Di sana Wonderer akan menjumpai keindahan bawah air yang memesona hingga wisata kapal karam dengan hanya “selempar batu” dari riuhnya Jakarta. 

Pulau Pramuka merupakan pusat dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau yang dahulu dikenal sebagai Pulau Elang ini telah ditata sedemikian rupa karena memang dipersiapkan sebagai pulau pemukiman, warganya berasal dari Pulau Panggang yang dahulu sempat dianggap terlalu padat.

Untuk sampai ke Pulau Pramuka, Wonderer tentu harus menempuh perjalanan laut dari tepian Jakarta Utara. Kamu bisa memilih menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Marina di Ancol maupun kapal kayu yang biasanya akan berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Opsi lain adalah menggunakan kapal ferry dari dermaga ASDP Kali Adem, tak jauh dari tempat keberangkatan kapal kayu.

Untuk menyelami dalam laut perairan Pulau Pramuka, Wonderer tak perlu repot-repot membawa alat selam sendiri. Tak sulit mencari dive operator di pulau ini. Jadi, tak perlu khawatir juga jika kamu belum memiliki alat selam. Semua sudah tersedia di Pulau ini. 

Ada beberapa titik selam andalan di perairan sekitar Pulau Pramuka. Untuk Tak perlu jauh menyelam, Wonderer bisa bertemu beragam biota laut yang cantik di kedalaman 5-20 meter. Siapa sangka terumbu karang dan ikan yang berwarna warna warni ini bisa ditemukan tak jauh dari ibu kota.

Bagi penyelam yang lebih ahli, jangan lewatkan kesempatan untuk menyambangi beberapa titik kapal karam. Yang paling terkenal adalah Tabularasa dan Papa Theo, namun ada juga titik shipwreck terbaru, wreck kapal Ahok yang karam tahun 2017 lalu. 

Titik selam Shipwreck Papa Theo berada disebelah timur Pulau Papa Theo, tak jauh dari pulau Pramuka. Kapal ini diperkirakan karam pada tahun 1970 menjadi bangkai kapal tertua di sekitar Pulau Pramuka. 

Titik lain yang tak kalah terkenal adalah Tabularasa. Namanya diambil dari nama kapal yang karam yaitu KM Tabularasa. Bangkai kapal latih yang karam sekitar tahun 1995 ini bisa ditemukan pada kedalaman 27-35 meter.

Wisata selam di kapal karam hanya bisa dilakukan oleh para penyelam yang telah mengantongi lisensi. Untuk kamu para pemula tak perlu berkecil hati karena dive operator yang ada di Pulau  Pramuka akan mengarahkan mu ke titik-titik penyelaman sesuai dengan kemampuan. Di sini Wonderer juga bisa mengambil paket untuk mendapatkan lisensi selam lho! Jadi tak ada alasan untuk tidak menyelam di perairan Pulau Pramuka yang memiliki keindahan memesona sekaligus misteri dibalik kapal-kapal karam. (YP)

Daftar Travel Agen terbaik ke Kepulauan seribu

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login