Sulawesi Utara Itu Luas, Yuk Jelajahi 5 Tempat Keren Ini
Share
Share
Share

Sulawesi Utara Itu Luas, Yuk Jelajahi 5 Tempat Keren Ini

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata “Sulawesi Utara”?

Sulawesi Utara adalah provinsi paling utara di pulau Sulawesi, sekaligus juga gerbang masuk Indonesia dari sisi utara yang berbatasan dengan Filipina. Melansir data dari Kompas, provinsi ini dibentuk pada tahun 1964, dan setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari jadi provinsi Sulawesi Utara.

 

Secara geografis, provinsi Sulawesi Utara berbatasan dengan laut di sisi utara, selatan, dan timurnya, sementara di sisi baratnya berbatasan langsung dengan provinsi Gorontalo. Lonely Planet, situs pemandu perjalanan bagi traveler juga menyebutkan Sulawesi Utara sebagai provinsi paling maju di seluruh pulau Sulawesi dengan dua etnik penduduk terbesarnya yakni Minahasa dan Sangir.

 

Sulawesi Utara juga terkenal akan keindahan alamnya yang menjadikan provinsi ini sebagai destinasi wisata prioritas. Di sini kita akan menjumpai lautan biru dengan terumbu karang nan indah, danau-danau cantik, gunung berapi, hingga kekhasan budaya dari penduduk setempat. Oleh karena itu, yuk simak 5 destinasi favorit yang wajib kamu kunjungi di Sulawesi Utara.

 

1. Taman Laut Bunaken

 

Bunaken adalah sebuah pulau dengan luas 8,08 kilometer persegi. Letaknya ada di Teluk Manado.

 

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat Bunaken ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 1991 dengan area yang meliputi pulau Bunaken beserta pulau-pulau dan perairan di sekitarnya.

 

Untuk tiba di Bunaken, kamu bisa menaiki perahu dari kota Manado dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

 

Aktivitas yang paling digemari di Bunaken adalah menyelam atau diving. Di balik permukaan air yang tampak biru, kamu akan mendapati aneka ragam terumbu karang yang cantik. Kementrian KKP mencatat beberapa biota laut yang bisa dijumpai antara lain kepiting, udang, moluska, ganggang laut, dan tercatat pula ada 13 genera karang hidup di perairan Bunaken.

 

2. Danau Tondano

 

Danau Tondano adalah danau terluas di Sulawesi Utara, letak persisnya berada di Kabupaten Minahasa. Situs Indonesiakaya.com mencatat luas keseluruhan Danau Tondano adalah lebih dari 4.000 hektar dengan tiga gunung dan satu bukit yang mengelilingi area danau.

 

Secara elevasi, Danau Tondano terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian ini, tak heran suhu udara di sekitar danau terasa sejuk.

 

Selain keindahan alamnya, Danau Tondano juga menjadi tempat mata pencaharian bagi warga sekitar. Hasil alam yang bisa diraih dari danau ini adalah ikan air tawar seperti ikan gabus, lobster air tawar, dan hewan air lainnya.

 

3. Danau Linow

 

Jika Danau Tondano dikenal karena statusnya sebagai danau terluas di Sulawesi Utara, Danau Linow dikenal karena penampakan permukaan airnya yang menghasilkan tiga jenis warna.

 

Berlokasi sekitar 30 kilometer dari kota Manado, Danau Linow dikelilingi oleh dua gunung: Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Berkat posisi geografis inilah suhu di kawasan danau terasa sejuk dan pemandangannya pun indah.

 

Namun, saat berkunjung ke Danau Linow jangan heran dengan aroma yang kurang sedap, yang akan seketika tercium saat kita mendekatinya. Aroma menyengat yang menyeruak dari danau merupakan aroma belerang yang berasal dari sisa-sisa letusan Gunung Marawu ratusan tahun silam.

 

Situs Indonesia Tourism melansir untuk menikmati keindahan Danau Linow, setiap pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp25.000,-.

 

4. Monumen Yesus Memberkati

 

Provinsi Sulawesi Utara adalah provinsi dengan mayoritas penduduknya beragama Kristen, dengan komposisi total 68% dari seluruh populasi.

 

Pada tahun 2010, Kota Manado berhasil memecahkan rekor dengan selesainya pembangunan monumen Yesus memberkati. Patung Yesus berdiri setinggi 50 meter dan dibuat dari 25 ton serat logam dan 35 ton baja. Melansir dari Suara, patung Yesus di Manado ini didapuk sebagai patung Yesus tertinggi kedua di Asia dan ke-4 di dunia.

 

Selain berfungsi sebagai monumen, kawasan patung Yesus Memberkati juga menjadi destinasi wisata religi. Tersedia juga area bagi warga Kristiani untuk melakukan jalan salib dan juga area lain yang diberi nama Plaza Getsemani.

 

5. Pasar Tomohon

 

Pasar Tomohon bukan sekadar pasar, sebab di pasar ini dijual aneka daging hewan yang tak lumrah ditemui di tempat-tempat lain. BBC Travel menyebutkan Pasar Tomohon sebagai tempat yang mencitrakan keunikan kuliner khas Minahasa. 

 

Jika di pasar-pasar pada umumnya daging yang dijual merupakan daging hewan ternak, di Pasar Tomohon kamu akan menjumpai beragam unggas, mamalia, hingga reptil yang tidak diternakkan. Ada kelelawar, ular piton, anjing, biawak, babi rusa, dan hewan-hewan lainnya.

 

Selain itu, yang menjadikan pasar ini menarik perhatian adalah cara meletakkan hewan-hewan tersebut. Ada bagian hewan yang telah dipotong, namun ada pula yang masih disajikan utuh.

 

 

Lima destinasi favorit Sulawesi Utara yang Wonderin.id sajikan hanyalah sedikit dari puluhan destinasi lainnya yang tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke provinsi paling utara di Indonesia ini.

 

Kamu bisa mulai menyusun agenda perjalananmu dari sekarang. Pergi sendirian atau ramai-ramai bersama teman dan keluarga pasti seru.

 

Ayo  wisata ke Sulawesi Utara!

Daftar Travel Agen terbaik ke Sulawesi utara

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login