Perhatikan 3 Fitur Berikut Sebelum Memilih Platform Pemasaran Wisata
Share
Share
Share

Perhatikan 3 Fitur Berikut Sebelum Memilih Platform Pemasaran Wisata

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Teknologi yang semakin berkembang membuka kesempatan bagi banyak pihak untuk memanfaatkannya. Salah satunya adalah media sosial yang bisa digunakan sebagai platform pemasaran wisata.

 

Melansir dari Kompas.com, penggunaan media sosial sebagai pemasaran wisata memberikan banyak keuntungan. Selain murah meriah, media sosial juga bisa menjangkau banyak orang sekaligus.

 

Selain itu, media sosial juga memberikan sarana bagi pemasar dan audiens untuk berinteraksi secara privat. Dan, media sosial juga bisa memberikan update info secara menyeluruh terkait obyek wisata yang tengah digandrungi maupun jarang diketahui orang.

 

Sebelum memulai promosi wisata melalui media, ada baiknya kita mengetahui tentang apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih platform promosi wisata yang sesuai.

Simak 3 fitur yang wajib diperhatikan sebelum memilih platform pemasaran wisata berikut ini.

 

1. Mengenali audiens

 

Langkah pertama sebelum memutuskan platform media yang akan digunakan ialah dengan mengenali audiens. Buku Marketing Plan dalam Bisnis dalam Kompas.com mencatat, mengenali audiens atau target pasar bertujuan untuk memfokuskan kegiatan pemasaran.

 

Pemilihan target pasar yang optimal ditentukan oleh empat kriteria yakni responsif, potensi penjualan, pertumbuhan memadai serta jangkauan media.

 

Target pasar atau audiens pariwisata haruslah memiliki respons tinggi terhadap obyek pariwisata yang akan dipasarkan. Lalu, pemasar harus memilih target pasar yang mau dan mampu datang ke obyek wisatanya. Ketiga, target yang dipilih bisa tumbuh dan berkembang dan dijangkau media sosial yang berbasis internet. Selain dari itu, pemasar juga harus mengetahui usia, kelas sosial dan jenis kelamin audiens yang disasar.

2. Memilih konten

 

Bukan hanya target pasar saja yang berpengaruh pada keberhasilan promosi wisata lewat media sosial. Pemilihan konten pun sangat memengaruhi. 

 

Glintz mencatat bahwa konten berkualitas berhubungan erat dengan apakah kita bisa mendapatkan traffic yang bagus dari media sosial. Tak hanya itu saja. Konten yang bagus juga menciptakan hubungan emosional dengan audiens.

 

Sebelum memilih platform yang tepat, ada baiknya pilihlah konten yang ingin diproduksi. Cobalah pahami tren yang sedang berlangsung dan pantau konten dari kompetitor sebagai perbandingan.

 

Dengan cara ini, pemasar obyek wisata bisa menentukan apakah mereka ingin menggunakan video, artikel atau foto dan podcast untuk dipasarkan.

 

3. Mencoba konten dan analisis reputasi website

 

Ada banyak platform media untuk menyebarkan konten. Namun tak semuanya efektif, tergantung dari target audiens dan juga konten yang diunggah. Sebelum menentukannya, lebih baik kenali dulu reputasi website dan konten kita.

 

Cermati.com mencatat, mencoba konten pada platform media bisa membantu melihat reputasi dan hasilnya. Caranya ialah dengan website pihak ketiga seperti Google Analytics yang sudah banyak digunakan dan gratis. Setelah melihat konten yang dicoba di berbagai platform, pemasar bisa menentukan mana platform yang akan digunakan ke depannya. (Baca juga : 5 Tips Pengelolaan Bisnis Wisata Berbasis Digital )

 

Ada banyak platform pemasaran wisata yang dapat kita jumpai, namun Wonderin hadir tak cuma sebagai platform pemasaran, tetapi juga Wonderin menyediakan layanan sistem yang terintegrasi. Di Wonderin, pelaku bisnis pariwisata akan terhubung dengan ribuan pelaku bisnis lainnya dan juga calon wisatawan. Mari bergabung bersama Wonderin.

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login