Danau Toba Tak Cuma Indah Dipandang, Cicip Juga Kelezatan Kulinernya
Share
Share
Share

Danau Toba Tak Cuma Indah Dipandang, Cicip Juga Kelezatan Kulinernya

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Danau Toba terkenal di dalam dan luar negeri sebagai danau yang tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke provinsi Sumatera Utara.

 

Kementrian Pariwisata melalui situs Indonesia Travel menyebutkan bahwa Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia dan masuk sebagai destinasi super prioritas. Luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata sekitar 450 meter. Di tengah danau juga terdapat Pulau Samosir yang luasnya hampir seukuran negara Singapura. Karena luas areanya, Danau Toba didaulat sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

 

Selain datang ke Danau Toba untuk menyaksikan keindahan alamnya, kamu juga tidak boleh lupa untuk mencicipi sajian kulinernya. Yuk simak tiga rekomendasi kuliner dari Wonderin.id untukmu:

 

1. Arsik Ikan Mas

 

Siapa tak kenal spesies ikan mas?

 

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang lumrah dikonsumsi di Indonesia. Danau Toba merupakan habitat alami bagi aneka jenis ikan air tawar, salah satunya ikan mas.

 

Kuliner arsik mendatangkan citarasa yang beragam. Ada rasa asam, pedas, dan bumbu yang kuat yang muncul dari kombinasi bunga Andaliman dan bunga rias.

 

Melansir dari Indonesia.travel, ikan arsik tak cuma jadi sekadar kuliner, tapi juga dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada prosesi pernikahan adat Batak.

 

2. Mie Gomak

 

Menikmati sajian berkuah di tepi danau yang berhawa sejuk tentu sangat nikmat! Nah, di Danau Toba, satu sajian berkuah yang tak boleh dilewatkan adalah Mie Gomak.

 

Mie Gomak sekilas tak begitu berbeda dengan mie-mie lainnya, namun ukuran Mie Gomak lebih besar daripada mie biasa, dengan tekstur yang lembut tapi tak mudah patah. Portal Informasi Indonesia menyebutkan Mie Gomak sebagai kuliner khas Danau Toba. Keistimewaan Mie Gomak hadir dari kombinasi rasa dari bumbu cabai, bawang, dan andaliman, tumbuhan yang hanya bisa ditemukan di wilayah Sumatra Utara.

 

3. Naniura

 

Naniura sering disebut sebagai sushi tapi dari tanah Batak.

 

Ikan yang diambil dari Danau Toba disajikan tanpa dimasak lebih dulu, hanya diberi bumbu saja. Tapi, jangan khawatir dulu akan bau ikan yang amis. Sebelum disajikan, ikan akan direndam lebih dulu dalam air yang mengandung asam dan bumbu, sehingga menghasilkan proses kimiawi yang melunturkan aroma amis.

 

Apa rasa dari kuliner naniura?

 

Melansir dari Triplaketoba, rasa dari naniura adalah pedas dan hangat, serta aroma bumbu rempahnya terasa kuat. Bumbu-bumbu tersebut berpadu dalam bumbu berwarna kuning yang dipadukan pula dengan bumbu khas Batak, yakni andaliman.

 

 

Cobalah bayangkan betapa nikmatnya mencicipi kuliner-kuliner ini di tepi Danau Toba yang sejuk, tentu sebuah pengalaman dan kesan yang begitu menyenangkan.

 

Tiga rekomendasi kuliner di destinasi wisata super prioritas Danau Toba dari Wonderin.id ini semoga bisa memperkaya referensimu untuk menjelajahi danau terluas di Indonesia ini.


Segera catat di agendamu dan susun rencana perjalananmu dari sekarang. Petualangan di Danau Toba telah menantimu.

Daftar Travel Agen terbaik ke Danau Toba

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login