5 Rekomendasi Wisata di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungi
Share
Share
Share

5 Rekomendasi Wisata di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungi

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Jawa Timur adalah provinsi yang amat mudah untuk dikunjungi. Tersedia beragam pilihan transportasi, mulai dari bus umum, kereta api, hingga pesawat. Provinsi Jawa Timur juga dikenal sebagai surga pariwisata. Salah satu destinasi yang tersohor adalah Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru. Pada masa sebelum pandemi, tercatat kenaikan sebesar 58,46% jumlah kunjungan wisatawan asing ke Jawa Timur

 

Namun, wisata di Jawa Timur tak cuma Gunung Bromo saja. Provinsi Jawa Timur punya segudang destinasi yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Sebelum Anda merencanakan perjalanan bertualang di Jawa Timur, mari simak dulu lima rekomendasi wisata yang Wonderin sajikan. 

 

1. Kawasan Pantai dan Karst Pacitan

 

Karst atau kawasan pegunungan kapur Gunung Sewu membentang dari Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta hingga ke Pacitan. Kawasan ini telah dinobatkan sebagai Geopark oleh Unesco, menjadikan Gunung Sewu sebagai destinasi wisata yang diakui oleh dunia. 

 

Kawasan pegunungan kapur memiliki karakteristik yang unik. Kontur tanah berbukit-bukit serta gersang kala musim kemarau tiba. Namun, di balik gersangnya itu kawasan karst menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Di Pacitan, Anda dapat menjumpai goa-goa yang terbentuk secara alami di dalam perut pegunungan kapur, salah satunya Goa Gong. 

 

Goa Gong adalah goa yang kaya akan stalagtit dan stalagmit aktif, yang memiliki panjang sekitar 256 meter. Untuk masuk ke dalam perut goa, pengunjung tak lagi perlu khawatir sebab pihak pengelola wisata telah membuat jalan setapak yang nyaman dan aman. Ada tangga-tangga yang dibangun lengkap dengan pegangan, serta di dalam goa pun telah diberikan aneka lampu. 

 

Selain goa, Pacitan juga menyajikan panorama pantai yang tak kalah menarik. Berkendara sedikit dari Goa Gong, Anda akan menjumpai pantai berombak besar dan berpasir putih halus yang disebut warga setempat sebagai Pantai Klayar. Pantai ini pernah diliput oleh National Geographic Traveler Indonesia, dan disebut sebagai salah satu pantai dengan panorama terbaik di Jawa. 

 

2. Kawasan bersejarah Trowulan

 

Majapahit sebagai kerajaan besar yang pernah ada di tanah Jawa adalah sebuah fakta yang telah diajarkan kepada kita sejak bangku sekolah. Kisah tentang kebesaran Majapahit dapat kita jumpai secara langsung dengan mengunjungi Trowulan. 

 

Trowulan adalah nama dari sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Mojokerto. Menurut laman resmi dari Indonesia.go.id, Trowulan diyakini sebagai ibukota dari Majapahit. Klaim ini bukan sembarang klaim karena di Trowulan telah ditemukan beragam peninggalan yang menunjukkan majunya peradaban pada masa Majapahit. Terdapat kolam segaran yang berfungsi sebagai tempat penampungan air, sistem irigasi yang mengairi rumah-rumah penduduk di sekitar keraton Majapahit, serta candi-candi besar yang hingga kini masih terus dilakukan ekskavasi untuk melihat wujud utuhnya. 

 

Situs Trowulan luasnya mencapai 100 kilometer persegi dan situs ini kita dapat menjumpai Museum Majapahit, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Brahu, Candi Wringin Lawang, dan sebagainya. Menariknya, berbeda dengan candi-candi di Jawa Tengah yang kebanyakan dibangun menggunakan batu andesit, candi-candi di Trowulan dibangun menggunakan batu bata. 

 

3. Air Terjun Tumpak Sewu

 

Kabupaten Lumajang punya destinasi yang dikenal oleh dunia luas berkat kehadiran media sosial. Terletak di kecamatan Pronojiwo, terdapat Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun ini menjadi unik karena bentuknya yang lebar dan formasi airnya yang membentuk seperti tirai. Air Terjun Tumpak Sewu juga berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Kala cuaca cerah, berdiri megah Gunung Semeru di belakangnya. 

 

4. Taman Nasional Meru Betiri

 

Bergeser semakin ke timur, Anda akan menjumpai Taman Nasional Meru Betiri. Letak persisnya berada di dua lokasi: Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. 

 

Taman Nasional Meru Betiri merupakan taman nasional yang sangat terjaga keasriannya. Informasi dari pengelola yang dilansir melalui situs Native Indonesia mencatat bahwa di Meru Betiri kita masih bisa menjumpai satwa-satwa endemik Jawa yang statusnya terancam punah seperti: macan tutul, penyu, dan elang jawa. 

 

Ada pantai yang menyajikan pemandangan elok yang terletak di taman nasional ini: yakni pantai Teluk Hijau atau kerap pula disebut sebagai Green Bay. Sesuai dengan namanya, Pantai Teluk Hijau terletak di tengah hutan, menjadikan pemandangan di sekelilingnya hijau bak permadani. Pasir pantainya pun lembut dengan ombak berukuran sedang ke besar. 

 

5. Gunung Ijen

 

Gunung Ijen adalah salah satu gunung berapi aktif yang terletak di formasi timur pulau Jawa. Berdekatan dengan Gunung Ijen terdapat Gunung Raung, tetapi yang lebih mudah didaki adalah Gunung Ijen. 

 

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Gunung Ijen dikenal karena kaldera berupa danau belerang di puncaknya. Kaldera ini menjadi sumber penghidupan bagi para penambang belerang yang setiap hari melakukan kegiatan penambangan. Selain itu, jika wisatawan tiba di puncak sebelum matahari terbit, Anda dapat melihat fenomena alam yang unik di mana dari balik bebatuan yang mengeluarkan sulfur, memantik keluar api berwarna biru atau kerap disebut sebagai blue fire. 

 

Media nasional Kompas merekomendasikan Gunung Ijen sebagai gunung yang cocok untuk didaki, bahkan oleh pemula sekalipun. Elevasi Gunung Ijen tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 2,300 meter. Selain itu, fasilitas dan trek menuju puncak juga telah tertata dengan baik sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan atau tersesat. 



Itulah 5 destinasi wisata di Jawa Timur yang Wonderin sajikan. Wisata-wisata ini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda bisa mulai merencanakan perjalanan Anda ke sana. Entah itu solo-traveling atau mengajak teman-teman atau keluarga. Jangan lupa untuk melihat paket wisata yang ditawarkan oleh Wonderin di halaman XDGS

 

Jelajahi Jawa Timur dan rasakan petualangannya!

Daftar Travel Agen terbaik ke Jawa timur

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login