5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah
Share
Share
Share

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah

07 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Jawa Tengah merupakan provinsi yang punya segudang wisata— mulai dari wisata sejarah berupa candi-candi, wisata alam berupa pantai nan cantik di Karimun Jawa atau indahnya pegunungan Dieng, hingga wisata budaya—semuanya ada di provinsi yang satu ini. Melansir dari portal berita dari Kompas Group, Grid.id, Jawa Tengah didapuk sebagai provinsi miniatur Indonesia yang kaya akan keberagaman.

 

Provinsi Jawa Tengah meskipun secara administratif baru hadir setelah Indonesia merdeka, tetapi wilayahnya telah ada dan berkembang sejak masa kerajaan Hindu-Buddha dulu. Dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kerajaan Kalingga yang beragama Buddha tumbuh dan berkembang di pesisir utara Jawa Tengah, tepatnya di Jepara dan Pekalongan.

 

Provinsi Jawa Tengah terus berkembang seiring dengan zaman. Di masa sekarang, Provinsi Jawa Tengah memiliki luas lebih dari 32 ribu kilometer persegi dengan pembagian administratif ke dalam 29 kabupaten dan 6 kota.

 

Selain Candi Borobudur yang sudah menjadi daya tarik wisata internasional, apa saja tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi saat ke Jawa Tengah?

 

1. Kebun Teh Kemuning

 

Lelah dengan hiruk pikuk perkotaan dan pekerjaan yang tak pernah berhenti? Anda bisa mencoba untuk datang ke lokasi wisata yang letaknya tak jauh dari Kota Solo. Tempat wisata ini menawarkan lanskap alam nan hijau yang berlatarkan Gunung Lawu, serta dibalut oleh nuansa sejarah.

 

Destinasi wisata yang menyegarkan mata ini dikenal dengan nama Kebun Teh Kemuning, letak persisnya ada di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Jika Anda berkendara dari Kota Solo, cukup satu jam saja untuk sampai di lokasi. Kebun teh Kemuning secara geografis berada di kaki Gunung Lawu sehingga udaranya sangat segar dan sejuk.

 

Dinas Pariwisata Kota Solo menyebutkan Kebun Teh Kemuning sebagai daya tarik wisata andalan di Kabupaten Karanganyar. Selain mengunjungi kebun teh, Anda juga dapat menikmati aneka sajian sedap yang disediakan oleh banyak restoran di sekitar kebun. Salah satu restoran yang cukup dikenal adalah Rumah Teh Ndoro Donker. Nama ‘Donker’ diambil dari nama seorang Belanda yang dahulu menjadi tuan tanah di area perkebunan.

 

2. Kota Lama Semarang

 

Bagi Anda yang suka kembali ke masa lalu dan menikmati kisah-kisah sejarah, Kota Lama Semarang adalah pilihan yang tepat.

 

Kota Lama Semarang oleh media lokal disebut sebagai “Little Netherland” atau Belanda Kecil. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, yang disebut sebagai wilayah kota Semarang tidaklah sebesar kota Semarang saat ini. Kota Semarang yang dibangun oleh pemerintah kala itu adalah area di dekat stasiun Tawang yang juga dekat dengan pelabuhan. Di area ini, banyak dibangun kantor-kantor pemerintahan serta perusahaan swasta yang arsitekturnya berlanggam Eropa. Yang paling ikonik dari kawasan Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk yang memiliki kubah berbentuk bulat. Gereja ini masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Kristen sampai masa sekarang.

 

3. Candi Gedong Songo

 

Selain dikenal karena alamnya yang masih asri, Jawa Tengah juga memiliki segudang pesona candi yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Candi Gedong Songo.

 

Yang menjadi poin menarik dari Candi Gedong Songo adalah lokasi pembangunannya yang terletak di pegunungan. Untuk menyambanginya, Anda perlu sedikit tenaga untuk menaiki tangga-tangga menanjak. Tapi, jangan khawatir karena fasilitas pedestrian telah ditata dengan rapi untuk memudahkan wisatawan. Jika Anda lelah, Anda dapat menyewa tunggangan kuda. Melansir dari CNN, Candi Gedong Songo dibangun menggunakan komposisi berupa batu-batu vulkanik di puncak Gunung Ungaran.

 

Dibangun sebagai salah satu dari sembilan candi Hindu, Candi Gedong Songo memiliki fungsi asalnya sebagai tempat pemujaan. Selain bisa mengecap nuansa sejarah dan menikmati keindahan arsitektur candi, Anda juga bisa merasakan hawa sejuk nan segar yang jarang kita dapatkan di perkotaan.

 

4. Masjid Agung Jawa Tengah

 

Berstatus sebagai salah satu masjid termegah di Indonesia, Masjid Agung Jawa Tengah tentunya tak boleh Anda lewatkan. Melansir dari Kompas, masjid indah ini terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah.

 

Ada empat menara di masjid ini dengan salah satu menara yang terpisah dari yang lain. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan arsitektur masjid yang dipadukan dari Jawa, Eropa serta Arab. Keindahannya bukan hanya menarik perhatian wisatawan lokal namun juga mancanegara.

 

5. Taman Nasional Karimunjawa

 

Lelah dan penat dengan kesibukan sehari-hari? Cobalah sambangi Taman Nasional Karimunjawa. Di sini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang beda dari pesisir di daratan utama Jawa. Di Karimunjawa, air laut berombak tenang dan berair jernih. Karimnjawa juga kerap dijadikan destinasi bagi para backpacker yang rindu mencari petualangan. 

 

Aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati birunya lautan dan cagar alam laut yang indah adalah dengan snorkeling, memancing ataupun berenang. Ada pula banyak penginapan yang dikelilingi pantai dan siap menyapu penat Anda selama berwisata di sini.

Untuk mencapai Karimunjawa, Anda dapat melakukan pelayaran dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Tersedia dua jenis kapal yang berangkat: kapal cepat atau kapal ferry jenis roro. Untuk kapal cepat, perjalanan dapat ditempuh sekitar 3 jam, sedangkan kapal ferry roro membutuhkan sekitar 8 jam perjalanan. Atau, tersedia juga penerbangan menuju Bandara Karimunjawa yang dapat Anda tempuh melalui Bandara Ahmad Yani di Semarang.

 

Lima destinasi yang Wonderin sajikan ini hanyalah sedikit dari segudang destinasi menarik yang akan memuaskan dahaga petualangan Anda di Jawa Tengah. Segeralah susun rencana perjalanan Anda, ajaklah orang-orang terkasih yang akan menambah keseruan perjalanan.

Daftar Travel Agen terbaik ke Jawa tengah

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login