5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba
Share
Share
Share

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Jawa Tengah adalah provinsi yang kaya akan destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam semua tersedia di provinsi ini—ada kemegahan masa lampau yang dapat kita saksikan di Candi Borobudur, keindahan dataran tinggi Jawa yang sejuk di Dieng, hingga pantai berair jernih dengan pasir lembut di Karimun Jawa. Oleh karena itulah, tak ayal Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang dilirik oleh para wisatawan. Pada tahun 2020 statistik mencatat ada 960.460 orang yang melakukan wisata di Jawa Tengah.


Namun, berwisata di Jawa Tengah tidak akan lengkap tanpa menyicipi sajian lokal yang menggoyang lidah. Cita rasa kuliner khas Jawa Tengah umumnya manis dan sedikit pedas, memberikan kombinasi rasa yang seru.

 

Yuk kita cek 5 rekomendasi kuliner khas Jawa Tengah yang secara istimewa Wonderin susun buat Anda: 

 

1. Lumpia khas Semarang

 

Semarang sebagai kota pelabuhan punya salah satu kuliner yang tersohor: lumpia. Penganan dari Semarang ini wajib dibawa pulang sebagai buah tangan jika Anda berkunjung ke sana. Lumpia umumnya dibuat dari adonan tepung terigu putih yang dicampur dengan putih telur, air, dan aneka bumbu. Isi dari lumpia beragam. Ada yang berisi daging ayam, atau ada pula yang berisikan rebung yang memiliki aroma khas.

 

Adonan tepung terigu yang telah kalis tercampur dengan aneka bumbu itu kemudian didadar menjadi lembaran tipis dan diisi campuran daging cincang, udang cincang, orak arik telur serta sayuran. Tak lupa ditambahkan pula saus manis gurih, cabai rawit dan bawang merah muda sebagai pelengkap.

 

Salah satu lokasi di mana Anda bisa mendapatkan lumpia otentik khas Semarang adalah di Lumpia Gang Lombok. Seperti namanya, lumpia ini terletak di Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah. Anda bisa memilih lumpia basah atau lumpia goreng yang dapat disantap langsung di tempat.

 

2. Cabuk rambak

 

Bergeser sedikit dari Semarang, kota Solo memang memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan. Selain dari wisata sejarahnya yang bisa lihat dari Keraton yang masih berdiri sampai sekarang, Solo juga jadi destinasi wisata para pemburu kuliner. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah cabuk rambak.

 

Kompas.com memasukkan cabuk rambak sebagai salah satu nominasi dari 10 makanan tradisional. Makanan ini dibuat dari ketupat nasi yang diiris tipis. Sebagai pelengkap, ketupat akan disiram dengan sambal kacang dan disantap bersama karak. Karak sendiri merupakan penganan khas daerah Solo yang terbuat dari nasi kering dan blengi. Kerupuk ini berwarna coklat muda dengan tekstur yang renyah dan cocok untuk disantap sebagai pelengkap.

 

3. Enting-enting gepuk

 

Anda penggemar kuliner serba manis? Jangan sampai ketinggalan, cobalah penganan yang satu ini. Warnanya coklat muda, bentuknya kecil dan sangat ringan, mudah untuk dibawa ke mana saja dan disantap bersama teh hangat.

 

Tersebutlah enting-enting gepuk. Penganan ini berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Salah satu sentra penghasil enting-enting gepuk adalah cap klenteng dan dua hoolo yang terletak di Jalan Kalibodri No.37, Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

 

Enting-enting gepuk terbuat dari kacang, gula pasir, glukosa dan sirup frambozen. Makanan ini bercita rasa manis seperti permen namun renyah karena ada tekstur kacang tanah di dalamnya.

 

4. Sate Buntel

 

Pernah dengar nama kuliner yang satu ini? Makanan khas yang terbuat dari daging kambing ini hanya bisa Anda temukan di Solo, Jawa Tengah.

 

Melansir dari liputan6.com, sate buntel adalah salah satu kuliner khas buruan wisatawan. Keunikannya terletak dari cara pembuatan dan rasanya yang gurih. Sate buntel dibuat dengan cara mencacah daging kambing yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis. Setelah itu, sate akan dibakar di atas arang dengan cara tradisional.

 

Jangan lupa, saat Anda menyantap sate buntel, berilah pelengkap berupa kecap manis, irisan kol, perasan jeruk nipis serta irisan bawang merah dan cabai rawit.

 

Anda bisa menemukan banyak warung sate kambing penjual sate buntel di Kota Solo. Mulai dari Sate Kambing Pak Samin, Sate Kambing Pak Manto hingga Mbok Galak kesukaan Presiden dan para pejabat negara.

 

5. Nasi Grombyang

 

Bagi pencinta nasi, silakan merapat. Anda bisa mencoba pilihan kuliner bernama Nasi Grombyang ini. Kuliner khas Pemalang ini disajikan dengan kuah. 

 

Nasi grombyang dibuat dengan campuran daging kerbau dan kuah. Bukan hanya itu saja. Saat penyajiannya, nasi grombyang akan lebih enak disantap Bersama dengan sate kerbau.


Ada beberapa lokasi nasi grombyang yang wajib dicoba. Melansir dari IDN Times, lokasi pertama adalah nasi grombyang Pak Waridin. Letaknya di Jalan Gatot Subroto No.31, Bojongbata, Pemalang, Jawa Tengah. Ada pula nasi grombyang bapak H. Warso yang terletak di Jalan R.E. Martadinata, Kelurahan, Pelutan, Pemalang, Jawa Tengah.

Daftar Travel Agen terbaik ke Jawa tengah

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login