Wisata Tanjung Kelayang Punya Legenda Menarik untuk Disimak
Share
Share
Share

Wisata Tanjung Kelayang Punya Legenda Menarik untuk Disimak

05 January 2021 By Wonderin id

Share
Share
Share

Memiliki keindahan alam yang tidak bisa diganggu gugat, wisata Tanjung Kelayang pastinya juga mempunyai kisah unik di baliknya. Banyak sekali wisatawan menyempatkan diri bertandang ke Belitung demi menyaksikan langsung keindahannya. Tidak dapat ditawar, pesona alamnya sudah sangat istimewa untuk diragukan.

Eksotisme pulau ini semakin mencuat berkat adanya setting layar pada produksi film Laskar Pelangi tahun 2015 lalu. Akibat munculnya pantai cantik ini di layar kaca antusiasme wisatawan semakin melebar. Sektor perekonomian masyarakat disinyalir terus naik akibat adanya persebaran informasi lebih luas tersebut.

Meski berada di salah satu titik terjauh Indonesia, wisata Tanjung Kelayang berhasil masuk dalam jajaran destinasi favorit sepanjang tahun. Berlibur ke sini disarankan untuk Anda penyuka dataran biru yang berhampar luas dan menyegarkan. Uniknya, keindahan alam satu ini memiliki batuan granit unik.

Namun, siapa sangka tempat seindah Tanjung Kelayang yang banyak diincar wisatawan dari berbagai pulau atau bahkan mancanegara ini memiliki kisah sejarah di baliknya. Tidak selalu berkaitan dengan hal mistis, sejarah yang tersimpan di baliknya selalu berhasil dijadikan pelajaran untuk generasi setelahnya.

Asal Usul Nama yang Melegenda

Dari kisah lalu wisata Tanjung Kelayang tidak serta merta ada begitu saja. Bermula dari sebuah hamparan air yang bermuara menjadikan tempat ini dilirik oleh masyarakat sekitarnya. Batuan cantik yang menghiasi keindahan pantai juga ikut menjadi saksi lahirnya perairan ini dalam kenangan masyarakat.

Masih belum terlalu akrab dengan bahasa khusus menjadikan tempat ini sebuah ikon baru. Nama Tanjung Kelayang sebenarnya diambil dari bongkahan batu yang bersemayam di bibir pantai. Berasal dari sebaran batuan granit yang menduduki separuh pasir dengan tenggelam di antara air menjadi ispirasi sebuah nama dicetuskan.

Namun, dari pencetusan nama ini juga diliputi sebuah kisah bahwa batuan granit yang tersebar di bibir pantai merupakan warisan sejak zaman megalitikum. Tidak heran lagi apabila batuannya kuat tanpa perlu khawatir oleh gerusan air setiap hari.

Kekuatan Magis Batu Zaman Megalitikum

Mulai dari kalangan awam sampai sejarawan mempercayai batuan tersebut memiliki nilai magis yang tidak bisa lepas. Kekuatannya terus menghadapi gerusan ombak setiap hari menjadi bahan utama untuk dicurigai. Beberapa bongkahannya memang sempat tergerus dengan rapi, tapi tidak berlaku sama untuk bagian lainnya.

Batuan ini dipercaya tidak mampu bergeser. Setiap harinya dipastikan tidak pernah ada perubahan pada struktur batuan di sekitarnya. Dengan jarak yang selalu sama tersebut dipercaya perlindungan untuk masyarakat Tanjung Kelayang sangat kuat. Tidak perlu lagi dikhawatirkan adanya bencana alam membahayakan.

Burung Cantik Wisata Tanjung Kelayang

Satu lagi yang dipercaya selalu berendam adalah seekor burung cantik. Setiap harinya tidak pernah absen menampakkan diri di sekitar bibir pantai sembari menghadap ke arah barat. Posisi yang selalu sama ini dianggap sebagai kegiatan semedi rutin. Banyak kalangan ikut menganggap burung inilah penjaga sebenarnya.

Selain burung tersebut tentu masih banyak burung lainnya yang ikut bepergian di atas pantai. Salah satu pencetusan nama Kelayang adalah adanya burung Kelayang yang setiap hari hilir mudik mencari kehidupan di atasnya. Burung-burung tersebut juga ikut mampir di sekitaran pantai setiap harinya.

Tidak hanya kalangan manusia yang menyukai panorama alam ini. Burung tersebut dipercaya juga betah menyaksikan hamparan keindahan sembari mencari asupan sebagai sarana bertahan hidup. Alam Tanjung Kelayang yang memang didominasi kelestarian ini sangat cocok sebagai tempat mencukupi kebutuhan.

Karena makhluk hidup sekitar sangat memanfaatkan dengan penuh seperti apa potensi Wisata Tanjung Kelayang sebagai pusat menyambung hidup. Kekayaannya yang melimpah dari hasil laut dan bumi dipercaya juga merupakan peninggalan dari kebijakan nenek moyang di masa lalu.

Selalu memberikan warisan penuh kepada masyarakat dan makhluk hidup lainnya menjadikan destinasi wisata ini terus terpelihara asri. Setiap yang pengunjung selalu menyisakan kesan baik dengan tidak meninggalkan hal-hal negatif. Mereka selalu berusaha ikut menjaga kelestarian alam Indonesia ini.

Catatan kisah tersebut pastinya mampu menjadi salah satu media dalam menyampaikan pesan positif di dalamnya. Selalu dianggap istimewa, daerah ini pastinya juga perlu dilindungi untuk melestarikan keasrian wisata dan legendanya. Anda dapat mengunjungi wisata Tanjung Kelayang tersebut tanpa perlu mengkhawatirkan apapun. [wonderin]