Danau di Atas Danau Toba, Apaan Sih Itu?
Share
Share
Share

Danau di Atas Danau Toba, Apaan Sih Itu?

05 December 2020 By eric theo

Share
Share
Share

Danau Toba, danau raksasa seluas 1.130km2 di Sumatera Utara ini punya banyak alasan untuk Wonderer kunjungi. Sebagai danau terluas di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba dikelilingi sampai tujuh kabupaten yakni Simalungun, Toba, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, dan Samosir.

Tahukah Wonderer kalau Pulau Samosir yang terdapat di tengah-tengah Danau Toba juga merupakan rumah dari beberapa danau lainnya. Wah kalau begini ada danau di atas danau dong! Keunikan ini menghadirkan daya tarik sendiri untuk para wisatawan berkunjung ke sana. Ibarat kata pepatah, sekali berkunjung, dua tiga sampai empat danau bisa terlampaui.

Setidaknya empat danau yang terletak di Pulau Samosir, yakni; Danau Silengge, Danau Sidihoni, Danau Aeknatonang, dan Danau Sipalionggang. Dari 4 danau tadi, yang paling diminati wisatawan adalah Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Dengan keunikannya sendiri, danau-danau ini setia menanti untuk ditelusuri.

Danau Sidihoni

Terletak di Kecamatan Pangururan, Pulau Samosir. Danau Sidihoni memiliki keunikan berupa air yang seringkali berubah warna. Danau yang dikelilingi oleh hijaunya bukit landai serta pohon pinus yang berbaris rapi ini memiliki air yang sangat jernih. Namun, akses untuk mencapai Danau Sidihoni ini masih agak sulit karena sarana prasarana transportasi yang masih terbatas. Meski demikian, untuk Wonderer yang suka bertualang, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Danau Sidihoni. Pemandangan indahnya dijamin bikin takjub, deh!

Danau Aek Natonang

Selain Danau Sidihoni, ada juga Danau Aek Natonang yang berada di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Danau ini bisa Wonderer jangkau dari kawasan Tuktuk Siadong melalui jalan lingkar Samosir dengan waktu tempuh sekitar 40-50 menit saja.

Aek Natonang sendiri menurut bahasa setempat artinya air yang tenang di atas pulau. Pemerintah Kabupaten Samosir belakangan ini cukup serius untuk menjadikan danau ini sebagai tujuan rekreasi yang lebih layak. Makanya mulai ada pengadaan fasilitas dan pengembangan atraksi. Walaupun begitu, keindahan alam yang bisa Wonderer lihat kalau berkunjung ke sana sekarang rasanya sudah cukup memuaskan mata. Apalagi melihat yang hijau-hijau sambil bersantai di tepi danau, pasti menyenangkan.

Keberadaan “danau di atas danau” ini menambah alternatif Wonderer jika ingin mengunjungi kawasan-kawasan yang off the beaten path di Pulau Samosir. Biar asyik, yuk, ajak teman-teman Wonderer ke danau-danau ini. (HA)

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login