Bingung Mau Ke Mana di Magelang? Jelajahi 3 Tempat Menarik yang Lokasinya Dekat dengan Candi Borobudur
Share
Share
Share

Bingung Mau Ke Mana di Magelang? Jelajahi 3 Tempat Menarik yang Lokasinya Dekat dengan Candi Borobudur

01 October 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Candi Borobudur merupakan salah satu daerah wisata terkenal di Indonesia. Bukan hanya di tanah air saja, namun Candi Borobudur juga menyimpan pesona luar biasa untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

 

Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. PT Taman Wisata Candi sebagai pengelola resmi Candi Borobudur mencatat bahwa candi ini dibangun oleh Dinasti Syailendra pada tahun 780 sampai 840 masehi. Candi Borobudur berfungsi tak hanya sebagai tempat ziarah namun juga sebagai tempat pemujaan Buddha.

 

Untuk menuju ke kawasan Candi Borobudur dari Yogyakarta, kita hanya perlu menuju ke terminal Jombor dan naik bus jurusan Borobudur. Harganya relatif murah, yakni hanya sekitar Rp 10 ribu saja dengan waktu tempuh satu jam. Perjalanan selanjutnya di kawasan ini bisa ditempuh dengan menggunakan becak, jalan kaki atau dokar.

 

Selain kompleks Candi Borobudur, kita juga bisa berwisata ke berbagai kawasan wisata menarik di sekitarnya. Berikut 3 rekomendasi destinasi di sekitar Candi Borobudur yang tak boleh dilewatkan.

 

1. Svargabumi

 

Destinasi ini lokasinya sangat dekat dengan Candi Borobudur dan terletak di antara Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Detik.com mencatat, lokasi wisata Svargabumi merupakan spot selfie estetik yang murah meriah.

 

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 30 ribu untuk orang dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Svargabumi menyediakan 20 sampai 22 spot selfie menarik. Dari lokasi ini, pengunjung juga bisa melihat keindahan Candi Borobudur serta pegunungan Menoreh dan Gunung Sumbing. Sungguh sayang untuk dilewatkan.

 

2. Bukit Rhema dan Gereja Ayam

 

Masih ingat dengan film AADC 2? Film yang sempat populer ini mengambil lokasi Gereja Ayam sebagai salah satu spotnya. Setelah berkunjung ke Candi Borobudur, Gereja Ayam dan Bukit Rhema mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Seperti namanya, lokasi ini terletak di atas bukit tepatnya di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah. Gereja Ayam berdiri menjulang dan berbentuk persis seperti ayam dengan mulutnya yang menganga dan jengger di atas kepalanya.

 

Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan bisa menaiki jeep seharga Rp 15 ribu per orang dan masuk ke gereja dengan tiket masuk Rp 25 ribu untuk turis domestik dan Rp 40 ribu untuk turis mancanegara.

 

3. Naik jeep menyusuri pegunungan Menoreh

 

Sudah bukan rahasia jika pegunungan Menoreh di sekitar Candi Borobudur begitu indah dan patut dikunjungi. Melansir dari Trip Advisor, bagi pecinta offroad, Anda bisa mengunjungi pegunungan ini dengan menaiki mobil jeep.

 

Bukan hanya sekadar kegiatan offroad naik jeep, para wisatawan juga akan diajak untuk mengunjungi masyarakat di sekitar Candi Borobudur. Mulai dari melihat penghasil madu, kerajinan tanah liat, pembuatan gula jawa serta kopi.

 

Nah, tunggu apa lagi? Tiga pilihan destinasi dari Wonderin.id ini menanti untuk kamu kunjungi.

 

Ayo susun agendamu untuk perjalanan ke destinasi wisata Candi Borobudur. Kamu bisa mengakses Candi Borobudur dengan mudah. Tersedia angkutan umum seperti bus, kereta, dan pesawat yang mengantarmu menuju kota terdekat: Yogyakarta atau Magelang. Atau, jika kamu menginginkan trip yang lebih leluasa, kamu bisa menaiki kendaraan pribadi.  

Daftar Travel Agen terbaik ke Borobudur

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login