7 Kuliner Khas Danau Toba yang Wajib Kamu Coba
Share
Share
Share

7 Kuliner Khas Danau Toba yang Wajib Kamu Coba

27 September 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Danau Toba yang megah, indah dan sejuk, merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk menikmati indahnya Sumatera Utara, Indonesia. Tidak hanya memberikan hamparan air dan kawasan hijau di sekitarnya, tetapi juga memberikan keunikan budaya dan juga kekayaan kuliner khas Danau Toba yang wajib dicicipi. Terdapat 7 kuliner khas Danau Toba yang wajib kamu coba karena rasanya yang autentik dan sulit didapatkan di daerah lain. Apa saja itu? Simak 7 kuliner khas ini ya.

 

1. Napinadar

 

Pertama, kita akan berkenalan dengan makanan yang bernama Napinadar, salah satu di antara kuliner Batak yang sering dihidangkan saat acara adat. Bahan utama dari Napinadar adalah ayam segar yang dibakar dan dibumbui serta dicampur dengan darah ayam. Napinadar akan semakin nikmati jika dimasak dengan tambahan cabai agar rasanya lebih pedas. Jadi jika Anda penikmat pedas dan menyukai ayam bakar dengan bumbu yang kental bisa mencoba Napinadar sambil mengikuti acara adat yang ada di sana.

 

2. Saksang

 

Olahan daging babi juga menjadi primadona kuliner khas Danau Toba, yaitu Saksang. Saksang tidak hanya olahan daging babi tetapi juga dapat menggunakan daging anjing atau bahkan kerbau cincang. Rasa rempah yang ada di saksang menjadi idola para penyicip kuliner karena tidak hanya bumbu rempah, ada juga darah hasil sembelihan hewan didalamnya. Rempah yang digunakan untuk mengolah saksang diantaranya ketumbar, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, merica, serai, dan masih banyak lagi.

 

3. Naniura

 

Salah satu kuliner khas Danau Toba yang sangat wajib dicoba adalah Naniura yang berbahan dasar ikan mas, ikan nila atau mujair dengan bumbu lengkap tanpa dimasak. Naniura memiliki rasa lebih asam karena proses pematangannya. Uniknya, Naniura ini merupakan hidangan para raja Batak, sehingga ketika mencobanya seperti bak seorang raja yang menyantap kenikmatan makanan ini.

 

4. Natinombur

 

Danau Toba juga memiliki kuliner bernama Natinombur yang merupakan ikan bakar dengan saus kental. Bumbu yang digunakan sama dengan arsik, namun Natinombur dengan proses dibakar. Kuliner ini menjadi makanan para nelayan di Danau Toba yang pergi mencari ikan, dan kini semua orang juga bisa menikmatinya.

 

5. Ikan Mas Arsik

 

Siapa yang tidak tahu ikan mas arsik, yang merupakan kuliner khas Batak sejak dahulu kala dan diwariskan turun temurun. Ikan yang digunakan tidak hanya mas, tetapi juga nila dan mujair yang diberikan bumbu rempah. Sensasi pedas dan hangat dari kuah menjadi semakin nikmati disantap bersama keluarga di Danau Toba.

 

6. Susu Kerbau Khas Batak

 

Susu kerbau khas batak mempunyai nama khusus yaitu Dali No Horbo, yang diolah tanpa menggunakan bahan kimia dan tentunya menyehatkan tubuh. Tidak perlu khawatir ketika belum pernah mengonsumsi susu kerbau, karena pembuatan yang sederhana seperti susu kerbau cair dimasak pada api kecil lalu ditambahkan sedikit garam dan ditambah perasan air daun pepaya saja sudah siap untuk dinikmati tanpa ada lagi campuran apa pun didalamnya.

 

7. Daun Ubi Tumbuk

 

Daun Ubi Tumbuk dimasak dengan campuran buah rimbang dan campuran bumbu tumis. Daun ubi tumbuk ini merupakan kuliner khas batak yang mempunyai rasa autentik karena proses tumbuk bersama batang serai dan dicampur dengan santan. Daun ubi tumbuk dapat dinikmati dengan lauk yang lainnya.

 

Itulah 7 kuliner khas Danau Toba yang dapat dicicipi bersama dengan keluarga atau rombongan wisatawan lainnya. Kuliner khas Danau Toba merupakan kuliner yang sangat kental dengan bumbu dan rempah. Berbagai masakan yang dihidangkan dapat menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan sambil menikmati indahnya alam Danau Toba.

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login