6 Rekomendasi Kuliner Kawasan Candi Borobudur
Share
Share
Share

6 Rekomendasi Kuliner Kawasan Candi Borobudur

27 September 2021 By Yusuf Fikri

Share
Share
Share

Indonesia memiliki berbagai macam tempat wisata berupa Candi yang dilestarikan dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Salah satunya ialah Candi Borobudur yang memiliki segudang sejarah yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang namun selalu mempunyai daya tarik tersendiri dari tempat ini. Keindahan yang dihadirkan oleh Candi Borobudur menciptakan cerita bagi para pengunjung untuk mengenal tanah Jawa. Namun, tidak hanya sejarahnya yang apik untuk kita ketahui, Candi Borobudur juga mempunyai ragam hidangan khas Jawa Tengah hingga internasional yang disuguhkan bagi para wisatawan.

 

Daerah sekitar Candi Borobudur, memiliki banyak rekomendasi kuliner yang khas dan tentunya patut untuk dicoba. Wonderin.id saat ini akan membagikan 6 rekomendasi kuliner kawasan Candi Borobudur yang dapat dinikmati saat berlibur ke tempat ini, yaitu

 

1. Waroeng Mendut

 

Waroeng Mendut terletak dekat dengan Candi Borobudur dan menyediakan hidangan kuliner berupa sup sayur, sop ikan dori, aneka pasta, lontong pecel dan beragam jajanan lainnya. Warung ini terletak di Jalan Mayor Kusen No 47 Sikepan, Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Rumah makan ini cocok dikunjungi jika bersama keluarga saat berlibur ke Candi Borobudur. Kisaran harga mulai dari Rp29.000 sampai dengan Rp286.000,-

 

2. Saung Makan Bu Empat

 

Saung Makan Bu Empat menyediakan udang galah madu sebagai hidangan terenak di sekitar Candi Borobudur. Tempat makan ini menjual juga berbagai macam hidangan rumahan seperti sayur asam, ayam bakar, sup gurami dan sebagainya. Harga yang ditawarkan juga terbilang cukup pantas dengan rasa enak yang disajikannya yaitu sekitar Rp9000,- sampai dengan Rp80.000,-.

 

3. Enam Langit by Plataran

 

Jika ingin hidangan International berkunjunglah ke Enam Langit by Plataran. Tempat makan ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau pasangan. Sambil menikmati hidangan yang disajikan, Anda dapat juga memandang matahari terbit dan terbenam di samping enam gunung yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Sumbing dan Prau. Sajian International yang ditawarkan Enam Langit by Plataran yaitu seperti butter ice, chocolate cake, sauteed vegetable, dan sebagainya yang tentu akan memanjakan lidah Anda.

 

4. Amanjiwo Restaurant

 

Salah satu restaurant di sekitar Candi Borobudur yang sudah cukup dikenal oleh wisatawan adalah Amanjiwo Restaurant. Tempat makan ini merupakan bagian dari Aman Group yang menyediakan makanan berkelas dengan pemandangan yang indah. Yang lebih uniknya lagi, masakan yang disajikan bahan-bahannya diambil dari Taman Amanjiwo dan pertanian disekitarnya. Saat menyantap hidangan di Amanjiwo Restaurant sambil menikmati pemandangan sekitarnya, Anda juga akan dimanjakan dengan alunan gamelan yang membuat suasana Jawa begitu kental.

 

5. Kedai Bukit Rhema

 

Ini adalah salah satu tempat makan baru di sekitar Candi Borobudur yaitu Kedai Bukit Rhema. Jika Anda mencari tempat dengan gaya arsitektur unik, maka kunjungilah Kedai ini. Terletak di Bukit Rhema yang tidak jauh dari Candi Borobudur, tempat ini dikelilingi dengan pemandangan bukit hijau yang indah. Di Kedai Bukit Rhema, Anda dapat menikmati berbagai minuman seperti kunir gulo aren, ice cube, kopi hitam dan sebagainya. Ada juga berbagai makanan dan cemilan untuk menemani sore Anda di tempat ini.

 

6. Joglo Panglipuran Borobudur

 

Kuliner khas Jawa seperti garang asam, mangut lele, es kopyor, wedang uwuh dan aneka seafood bisa didapatkan di Joglo Panglipuran Borobudur. Ini merupakan resto yang menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Candi Borobudur. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp5000,- sampai dengan Rp30.000 saja. Joglo Panglipuran berada di Jalan Syailendra Raya, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

 

Candi Borobudur memang memiliki sejuta cerita sejarah yang sangat erat dengan ajaran Budha, namun secara universal semua orang dapat menikmati keindahannya dan merasakan peninggalan sejarah di Pulau Jawa ini. Tentu, agar semakin lengkap, jangan lupa mampir ke 6 tempat rekomendasi kuliner sekitar Candi Borobudur yang sudah Wonderin.id sajikan untuk Anda berlibur bersama keluarga ataupun pasangan. Kuliner Jawa tidak pernah mengecewakan, apalagi ditemani dengan yang tersayang.

Daftar Travel Agen terbaik ke

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk berkomentar
Login